Uniknya Batu Gong di Pulau Taliabu

By Kabar Pulau 02 Mar 2017, 16:14:01 WITBaronda

Uniknya Batu Gong di Pulau Taliabu

Pasir Anjing sendiri terletak di Desa Jorjoga, Taliabu Utara. Dinamakan Pasir Anjing karena pasir-pasir di pantai tersebut, yang membentang sepanjang 50 meter, akan mengeluarkan bunyi seperti lengkingan anjing ketika diinjak.

“Kalau diinjak maka akan mengeluarkan suara ngik ngik seperti lengkingan anjing. Apalagi kalau kita berlari, seperti dikejar banyak anak anjing di belakang kita. Bunyinya akan semakin kencang kalau matahari terik. Kalau pasirnya lembab bunyinya tak begitu terdengar.”

Di Taliabu ini juga terdapat banyak spot penyelaman bagi yang hoby diving, seperti di Desa Lede dan Pulau Tabila yang jaraknya tak terlaku jauh dari Desa Lede. Dari ibukota kabupaten jaraknya cukup jauh, bisa ditempuh lewat jalur laut dan darat.

Di Pulau Tabila bahkan memiliki danau yang konon dihuni beberapa ekor buaya. Keberadaan buaya ini tidak menjadi ancaman, bahkan menjadi daya Tarik wisatawan untuk melihat langsung hewan reptile tersebut.

 

Pantai Gong di Pulau Taliabu, Maluku Utara, masih sangat alami, yang di kala surut banyak ditemukan ikan-ikan di sekitar pesisir pantai. Tidak hanya untuk wisata, warga pun kadang menjadikan tempat itu sebagai tem[at menyimpan bubu, alat tangkap ikan. Foto: Wahyu Chandra

Kekayaan potensi pariwisata Taliabu ini diakui Salim Ganiru, Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Taliabu sebagai salah satu potensi Taliabu yang bisa dikembangkan, selain sektor tambang, perikanan dan pertanian. Hanya saja tantangannya pada akses yang masih sulit karena hanya bisa ditempuh melalui jalur laut dengan waktu tempuh yang cukup lama.

Meski demikian, upaya untuk pengembangan potensi pariwisata ini tetap menjadi prioritas pembangunan Taliabu.

“Saat ini kami sedang merancang koneksitas pariwisata dari Wakatobi bisa langsung ke Taliabu melalui jalur laut dan u

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar