Uniknya Batu Gong di Pulau Taliabu

By Kabar Pulau 02 Mar 2017, 16:14:01 WITBaronda

Uniknya Batu Gong di Pulau Taliabu

uk namun harus seizin Nurdin.

“Pernah ada ada anak-anak datang memukul dengan batu sehingga beberapa batu tonjolan itu hancur. Saya lihat keadaan tidak aman jadi saya pagar. Setiap orang yang datang harus saya lihat jangan sampai ada yang tertimpa batu.”

Kekhawatiran Nurdin beralasan. Selain sebagai kawasan wisata pesisir, tempat itu juga dikenal sebagai pusat pengambilan material batu. Hampir setiap hari terjadi penghancuran dinding tebing untuk diambil batunya untuk pembangunan kota Taliabu. Setiap saat bisa saja ada batu menggelinding dari atas.

Menurut Nurdin, meski lahan pribadi ia sebenarnya tak keberatan dengan kunjungan orang-orang ke tempat tersebut. Hanya saja terkadang banyak yang datang tidak mengindahkan kebersihan tempat tersebut. Sampah-sampah dibuang seenaknya.

“Mereka juga kadang membakar kayu yang asapnya membuat tanaman sekitar menjadi layu. Padahal tanaman-tanaman tersebut adalah tanaman kebun saya. Ada kelapa, cengkeh, kakao, jambu dan lainnya. Saya juga bikin plang untuk menjaga kebersihan malah dicabut.”

 

 

Obyek Wisata di Taliabu Utara

Terlepas dari kondisinya yang rawan dan keunikan dengan bebatuannya yang bisa berbunyi, pemandangan di pantai Batu Gong memang cukup menarik. Pantai yang masih alami dengan hamparan yang luas dengan, yang dikelilingi vegetasi alami yang masih asri.

Kawasan wisata alam di Taliabu, selain Batu Gong, sebenarnya cukup banyak tersebar di Taliabu. Hanya saja sebagian besar berada di Taliabu Utara yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota dan hanya bisa diakses lewat jalur laut.

“Di Taliabu Utara itu cukup banyak lokasi yang bagus dikunjungi dan unik, seperti Pasir Anjing, Air Terjun Kalimat, dan banyak lainnya. Cuma memang agak jauh dari Bobong pusat kota,” ungkap Karno.


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar