Uniknya Batu Gong di Pulau Taliabu

By Kabar Pulau 02 Mar 2017, 16:14:01 WITBaronda

Uniknya Batu Gong di Pulau Taliabu

sepanjang jalan.

Pagi itu, Jumat (10/2/2017), Karno, seorang warga setempat yang berprofesi sebagai wartawan media lokal, mengajak saya mengunjungi salah satu tempat wisata yang cukup unik, yaitu Batu Gong. Terletak di Desa Meranti Jaya, Kecamatan Taliabu Barat.

Mendengar namanya, Batu Gong memang memancing keingintahuan. Mencapai pantai dimana Batu Gong berada butuh waktu sekitar 30 menit dengan kondisi jalan yang agak licin, karena hujan malam sebelumnya.

Kawasan Batu Gong ini dimiliki seorang warga pendatang dari Bau-bau, Sulawesi Tenggara, bernama Nurdin (49). Konon keluarganya sudah 50 tahun berdomisili di kawasan tersebut. Ia belum lahir ketika ayahnya datang di kawasan tersebut untuk menetap dan berkebun.

Menurut Nurdin, kawasan pantai tersebut baru dibuka secara umum beberapa tahun terakhir. Orang-orang datang untuk sekedar berjalan-jalan menikmati kawasan pantai dan bakar ikan. Tempat ini semakin popular dengan adanya batu yang konon bisa berbunyi seperti gong ketika dipukul dengan kayu. Makanya kemudian diberi nama Batu Gong.

Penemuan Batu Gong ini sebenarnya tidak sengaja. Ketika booming batu akik dua tahun silam, Nurdin dan beberapa warga sekitar turut mencari batu akik di kawasan tersebut. Melihat sebuah batu yang menonjol di dinding gua yang bentuknya seperti penis, Nurdin memukulnya dengan kayu agar terlepas. Justru yang terjadi kemudian muncul bunyi seperti gong.

“Belakangan banyak yang datang memukul-mukul dan memainkannya berkali-kali, sehingga terdengar seperti bunyi music. Ini yang menarik minat orang-orang datang ke sini,” ungkap Nurdin.

Keberadaan Batu Gong yang menarik banyak warga lain untuk datang membuat Nurdin agak khawatir, karena tempat itu adalah kawasan tebing batu karang yang bisa saja runtuh setiap saat. Nurdin pun memagari gua tersebut. Orang tetap bisa mas

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar