Ternate dan Cerita-cerita yang Belum Tuntas

By Kabar Pulau 19 Jan 2017, 16:21:41 WITOpini

Ternate dan Cerita-cerita yang Belum Tuntas

jaman (seperti pembunuhan) pada cerita di atas, tapi setidaknya kemiripan pada arena pasar membuat saya percaya, bahwa kesimpulan dari lahirnya pusat-pusat perbelanjaan modern tidak saja mengelabui konsumen agar patuh pada kehendak pasar, melainkan telah menggeser perilaku masyarakat secara terang-terangan.

Ternate, dengan luas kota dan wilayah yang tampak seperti sebuah noktah di atas peta nusantara ini, malah telah tumbuh gedung-gedung perbelanjaan yang begitu banyak. Sebelumnya, kita dibuat bangga tatkala Ternate Mall meninggi di jantung kota. Kehadirannya sontak membuat masyarakat berbarengan keluar-masuk pusat perbelanjaan itu dengan wajah riang nan senang.

 

Begitu selanjutnya, muncul pula Jatiland Mall, yang bahkan lebih menjulang dan lebarnya memakan batas laut disekitarnya. Reklamasi  seolah menjadi jawaban atas muncul pusat perbelanjaan itu.

Lalu berikutnya, Hypermart dibawah bendera Lippo Grup tak butuh waktu lama akhirnya tiba dengan wajah yang teramat menggiurkan. Membuat Ternate seketika berbinar; menampakkan kemewahan sebuah kota. Tapi, mirisnya, kisah Hanum, Maya dan Sukma ternyata menyadarkan saya, bahwa tumbuhnya pusat perbelanjaan itu, memang benar sedikitnya telah menyeret perilaku masyarakat kita. Pasar-pasar tradisional yang terbentang luas di kota ini mulai sepi dan sunyi dari pembeli. Pendapatan dan keuntungan yang biasanya menyenangkan hati, sekarang malah terhimpit rugi. Jualan-jualan berupa bawang, rica, tomat dan sejumlah jualan lainnya yang bisa kita temui di pasar tradisional, sudah tak terjual laku—akibat daripada munculnya pusat perbelanjaan yang juga menyajikan jualan-jualan serupa.

Di Hypermart, jualan-jualan berupa kebutuhan dapur pun dapat dibeli dengan mudah. Meski butuh aturan mengantri, tetapi setidaknya membuat mereka yang berbelanja di pasar mewah itu bisa menyuci mata s

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar