Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

By Andhy EH 19 Des 2016, 12:38:44 WITKabar Malut

Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

esa Loumadoro jumlah Kepala Keluarga 196. Pulau Ngele- ngele Besar jumlah Kepala Keluarga 145. 

Dari  jumlah  desa di atas, sebagian kecil  masyarakat memiliki   genset berkapasitas 1 kilowatt atau juga 900 wat untuk kebutuhan penerangan. Penerangan listrik dari  mesin genset masih terbatas. Selebihnya masih menggunakan petromaks dan lampu teplok. Untuk waktu pemanfaatan  listrik melalui genset ini mulai pukul 17.00 Wit, sampai pukul 24.00 Wit tergantung kebutuhan mereka. 

Kabupaten Halmahera Selatan 

Kabupaten yang terbilang memiliki pulau terbanyak di Maluku Utara adalah kabupaten Halmahera Selatan. Pasalnya dari 30 kecamatan yang ada di daerah ini, hanya Gane Barat  Gane Timur yang berada di  Halmahera atau hanya ada 8 kecamatan. Sementara sebagian besarnya berada di pulau-pulau kecil dan sedang. Berikut ini adalah kondisi kelistrikan pulau-pulau di Halmahera Selatan.

1). Pulau Makian dengan dua kecamatan memiliki jumlah penduduk 17.002. Daerah ini sudah dialiri listrik oleh  PLN. Hanya saja lsitriknya  menyala malam hari  pukul 18.00 hingga  pukul  06.00  pagi.

2). Pulau Kayoa  dengan jumlah penduduk 24.560 jiwa,sudah dilairi listrik oleh  PLN  hanya saja diibukota kecamatan sementara desa-desa lainnya yang berada di pulau-pulau kecil masyarakanya hanya mengandalkan genset. Untuk desa yang sudah  dialiri listrik oleh PLN   menyala hanya pada malam hari yakni jam 6 sore hingga jam 6 pagi. Di  Pulau-pulau Gurua Ici, Waidoba dan Bajo  belum ada listrik dari PLN.

3). Di Bacan pulau yang  Pulau Kasiruta  misalnya dengan jumlah penduduk 9.643 jiwa, sudah  ada desa yang diliri listrik oleh PLN hanya saja baru sebagian kecil. Hanya ada  dua desa yang terliri listrik.Ha

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Justhost Review 2017 26 Jan 2017, 23:26:20 WIT

    Tidak disangka saya nemu website ini. Ternyata webnya keren abis. Update terus pak bos!

    Gallypost 24 Agu 2017, 15:38:21 WIT

    Semoga daerahnya cepet ditangani pemerintah

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar