Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

By Andhy EH 19 Des 2016, 12:38:44 WITKabar Malut

Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

karena bantuan tersebut tidak untuk semua masyarakat. Begitu juga  kondisi jaringan komunikasi seperti  telpon selular daerah ini sudah ada, namun belum menjangkau ke semua desa.

2). Pulau Tolonuo  di Kecamatan Tobelo Utara, memiliki  dua desa yakni Desa Tolonuo Utara dan Desa Tolonua Selatan dengan  jumlah penduduk   1.859 jiwa. Kondisi masyarakat Pulau Tolonua hanya menggunakan genset Desa. Menyala hanya   malam hari hingga 12 jam mulai  dari pukul 18.00 wit sampai pukul 06.00 wit.

3). Pulau Kumo, Tagalaya dan Kakara dan Pulau Dawole terdapat di Kecamatan Tobelo. Tiga Pulau itu  jumlah penduduknya  masing-masing Desa Tagalaya sebanyak 502 Jiwa, Desa Kumo 755 jiwa  , Desa Kakara termasuk di dalamnya Pulau Dawole jumlah penduduk sebanyak 744 Jiwa.

Kondisi masyarakat di desa-desa  tersebut hanya menikmati penerangan juga melalui mesin  genset. Namun tidak semua warga, karena hanya tersedia genset pribadi  dan kelompok.  Penerangan itu hanya malam hari itupun tidak selamanya, karena keterbatasan warga dalam  bisa membeli BBM.

4). Pulau Meti terletak di Kecamatan Tobelo Timur dengan jumlah penduduk 412 jiwa. Di sana masyarakat hanya menikmati penerangan listrik menggunakan genset dan sebagian menggunakan tenaga surya. Di sana  sebelumnya ada mesin genset bantuan pusat sejak 2010 lalu, namun bantuan  tersebut sudah rusak sehingga tidak lagi digunakan.

5). Pulau Bobale terletak di Kecamatan Kao Utara dengan jumlah penduduk di desa itu 861 jiwa. Masyarakat di pulau itu belum sepenuhnya merasakan listrik. Mereka juga hanya menggunakan genset pribadi.  Ada juga yang berkelompok  membeli genset  untuk penerangan  berdasarkan kemampuan BBM yang dimiliki  masyarakat. Rata- rata kebutuhan penerangan listrik  warga Pulau

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Justhost Review 2017 26 Jan 2017, 23:26:20 WIT

    Tidak disangka saya nemu website ini. Ternyata webnya keren abis. Update terus pak bos!

    Gallypost 24 Agu 2017, 15:38:21 WIT

    Semoga daerahnya cepet ditangani pemerintah

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar