Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

By Andhy EH 19 Des 2016, 12:38:44 WITKabar Malut

Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

esin genset jenis diesel. Untuk  desa  Mare Kofo 1 unit Diesel, berkapasitas 62,5 KVA/50 KW. Begitu juga   desa Mare Gam menggunakan Diesel Berkapasitas 62,5 KVA/50 KW, yang merupakan bantuan Pemkot Tidore sejak tahun 2009 silam.  Karena hanya menggunakan lampu diesel maka    hanya  dinyalakan  pada malam hari dengan mengandalkan iuran dari masyarakat. Dengan demikian pulau kecil seperti  Mare saat ini sangat terkendala dengan  kebutuhan listrik.

 

Kabupaten Halmahera Utara

Kabupaten Halmahera Utara dengan     17 Kecamatan, dengan 198 Desa memiliki  Penduduk mencapai 179.566 jiwa. Dari jumlah itu selain dari Ibukota di Tobelo Kabupaten ini memiliki  tujuh buah daerah kepulauan: Yakni gugusan Kecamatan  Loloda Kepulauan, Pulau Tolonuo, Pulau Kumo, Tagalaya, Kakara, Meti dan Bobale.  Loloda Kepulauan terletak di Kecamatan Loloda Kepulauan dengan  Luas wilayah  143,3 KM, Terdiri 10 Desa  yakni  Tobo Tobo, Fitako, Dedeta, Dagasuli, Jikolamo Tuakara, Dama, Dowonggila, Cera dan Salube dengan jumlah  penduduk  6.083 jiwa.

1). Kondisi warga di Kecamatan Loloda Kepulauan belum terlayani listrik dari PLN. Mereka hanya menggunakan genset. Baik genset desa, milik kelompok masyarakat maupun  pribadi.  Sebagian menggunakan  listrik tenaga surya bantuan pemerintah. Karena hanya menggunakan genset  penerangan rumah warga hanya berlangsung kurang lebih 6 jam. Warga yang menggunakan  penerangan listrik dari  genset hanya dinyalakan pada malam hari mulai  pukul 18 .00 wit- 00.00 wit. Sementara lainya menggunakan tenaga surya  bisa mendapatkan penerangan sepanjang malam hari. Hanya saja yang menggunakan penerangan listrik  tenaga surya  terbatas pada orang tertentu saja. Ini

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Justhost Review 2017 26 Jan 2017, 23:26:20 WIT

    Tidak disangka saya nemu website ini. Ternyata webnya keren abis. Update terus pak bos!

    Gallypost 24 Agu 2017, 15:38:21 WIT

    Semoga daerahnya cepet ditangani pemerintah

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar