Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

By Andhy EH 19 Des 2016, 12:38:44 WITKabar Malut

Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

salah  yang  dihadapi   pulau- pulau kita adalah kondisi pasokan listrik. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bila hidup di daerah terpencil maka bersiaplah hidup seperti pada zaman batu. Dimana hanya bekerja siang hari  dan istirahat pada malam hari, karena pasokan listrik yang belum ada untuk mengaliri daerah terpencil. Inilah masalah utama dalam mengurus wilayah pulau saat ini. Untuk kebutuhan listrik pulau-pulau selain dari Pulau Ternate, hampir semua pulaunya bermasalah dalam penyedian listrik. Bahkan pulau yang secara administratif masuk dalam wilayah Pulau Ternate seperti Batang Dua dan Pulau Hiri juga menghadapi problem yang sama. Hingga kini pasokan listrik ke dua pulau itu jug masih menghadapi kendala yang cukup serius.   

Lantas  bagaimana dengan kondisi kelistrikan di pulau- pulau di Maluku Utara. Sebuah survei kecil Agustus September 2014 lalu yang dilakukan wartawan kabarpulau.com menunjukan, hampir semua pulau di Maluku Utara bermasalah dalam hal pasokan listrik terutama dari  PLN.  Listrik nampaknya  masih menjadi sebuah kebutuhan yang sangat ekslusive yang perlu segera dicarikan solusinya. Berikut gambaran  kondisi pasokan listrik ke daerah pulau-pulau di Maluku Utara. 

 

Tidore Kepulauan 

Data  dari  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  Kota Tidore Kepulauan menunjukan daerah  dengan jumlah penduduk  termasuk Maitara dan Mare dan Moti adalah   111.124 Jiwa. Dari jumlah itu  Khususnya Pulau Tidore didiami oleh , 72,613 Jiwa, Pulau Moti 2,152 Jiwa, Pulau Mare 1021 Jiwa, dan 4 Kecamatan di Daratan Oba 44,353 Jiwa. Dari jumlah pulau itu Pulau Tidore, Maitara, dan daratan  Oba telah menggunakan listrik dari PLN.

Sementara Pulau Mare dengan Jumlah jiwan 1021 jiwa hanya menggunakan m

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Justhost Review 2017 26 Jan 2017, 23:26:20 WIT

    Tidak disangka saya nemu website ini. Ternyata webnya keren abis. Update terus pak bos!

    Gallypost 24 Agu 2017, 15:38:21 WIT

    Semoga daerahnya cepet ditangani pemerintah

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar