Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

By Andhy EH 19 Des 2016, 12:38:44 WITKabar Malut

Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

Maluku Utara, listrik dari PLN baru untuk pulau-pulau dengan penghuni padat, serta menjadi pusat pemerintahan. Sebut saja, Pulau Ternate, Tidore, Bacan, Sulabesi, Morotai Obi, Kayoa. Sementara dari pulau-pulau itu juga  selain Ternate dan Tidore, belum  semua wilayahnya  teraliri listrik secara keseluruhan. Jika pulau besar saja belum semua teraliri listrik,  apalagi pulau-pulau kecil lainnya.  Untuk kebutuhan produksi selain Ternate dan Tidore pasokannya terbilang  sangat terbatas bahkan tidak ada . Untuk penerangan saja   hanya menyala pada jam-jam tertentu saja. Misalnya di sejumlah pulau, PLN  mengalirkan listrik hanya pada jam tertentu saja.     

Untuk sejumlah pulau di Maluku Utara, ada yang memang sudah mendapat sentuhan PLN. Hanya saja belum sepenuhnya menjadi tanggung jawab PLN. Semua swakelola  masyarakat   dengan  sedikit bantuan dari  PLN.Misalnya jaringan kabel yang dipasang oleh PLN sementara mesinnya hasil hibah dari pemerintah daerah. Contoh di Pulau Makena Halmahera Selatan genzet dengan ukuran  100 KW dibeli melalui program Pemberdayaan Masyarakat melalui P2DTK.   Padahal seiring meningkatnya jumlah penduduk,  pengembangan kawasan  serta aktivitas penduduk  yang semakin tinggi,  tingkat pertumbuhan kebutuhan  energi listrik   juga tentu terus meningkat. Karena itu mestinya perlu dipikirkan oleh PLN misalnya dengan  bisa merelokasi beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Diesel  ke pulau-pulau yang memerlukan pembangkit. 

Atau  untuk sebuah desain jangka panjang memenuhi  kebutuhan listrik di Maluku Utara, dengan geografis pulau-pulau,  sudah saatnya dipikirkan implementasi  pemasangan jaringan kabel bawah laut untuk membangun interkoneksi dengan pembangkit  Pusat Listrik Tenaga  U

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Justhost Review 2017 26 Jan 2017, 23:26:20 WIT

    Tidak disangka saya nemu website ini. Ternyata webnya keren abis. Update terus pak bos!

    Gallypost 24 Agu 2017, 15:38:21 WIT

    Semoga daerahnya cepet ditangani pemerintah

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar