Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

By Andhy EH 19 Des 2016, 12:38:44 WITKabar Malut

Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

Mangoli Barat, belum memperoleh pelayanan listrik sama sekali dari PLN. Pulau Pastabulu  masuk kecamatan Mangoli Utara tidak memperoleh pelayanan PLN sama sekali.

Pulau Sulabesi

Di Pulau Sulabesi yang mendapatkan pelayanan  PLN.yakni, Kecamatan Sanana, Sanana Utara dan  Sulabesi Tengah di mana  listrik menyala 24 jam. Di Kecamatan Sanana penggunaan listrik bervariasi. Untuk Sanana Utara dan Tengah rata-rata masyarakat menggunakan listrik dengan kapasitas 450 KVA. Sementara Kecamatan Sulabesi Barat, Timur dan Selatan seluruh desa tidak mendapatkan pelayanan PLN, tidak ada lampu genset dipakai secara umum, penggunaannya hanya perorangan.  

Kabupaten Halmahera Tengah

Untuk  daerah kepulauan  di Kabupaten Halmahera Tengah  saat ini   memiliki penduduk padat adalah pulau Gebe pulau yang dikeruk oleh PT Antam Tbk karena tambang nikelnya  selama 31 tahun sejak 1979 hingga 2010 lalu itu, untuk listriknya hingga kini  belum ada pasokan  listrik  PLN. Yang ada hanya mesin  genset milik peninggalan PT Antam sebesar 10 kilo watt. Mesin listrik ini hanya bisa dinyalakan selama 12 jam mulai pukul 18.00 hingga pukul 07.00 Wit.   

Untuk kecamatan lainnya seperti di Patani,  Patani Utara, Patani Selatan, Patani Barat, Patani Timur,  sudah terlayani PLN.Dengan daya terasang 1000 kilowatt. Dari jumlah itu kemampuan listrik yang bisa dialirkan ke masyarakat  hanya 720 KW, dengan beban puncak untuk Weda 640 KW.Meski begitu kondisi listrik di Halteng sangat memiriskan karena pemadaman yang tidak beraturan.Sehari terjadi pemadaman 3 sampai 4 kali. Untuk kecamatan Weda Selatan (Wairoro) masyarakat menerima pasokan listrik dari Halmahera Selatan yakni dari Kecamatan Gane Timur. Sementara untuk masyarakat yang ada di Kecamata

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Justhost Review 2017 26 Jan 2017, 23:26:20 WIT

    Tidak disangka saya nemu website ini. Ternyata webnya keren abis. Update terus pak bos!

    Gallypost 24 Agu 2017, 15:38:21 WIT

    Semoga daerahnya cepet ditangani pemerintah

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar