Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

By Andhy EH 19 Des 2016, 12:38:44 WITKabar Malut

Survei Kecil Kondisi Listrik Pulau-pulau di Maluku Utara

hatola. Dengan jumlah penduduk  Tuakara 494  jiwa serta  Kahatola sebanyak 607 jiwa.  Di  desa Kahatola  masih menggunakan genset  pribadi. Sementara     di  Tuakara  warga mendapatkan  listrik menggunakan tenaga surya bantuan pemerintah pusat. Kondisinya hampir sama dengan pulau-pulau lainnya untuk listrik yang menggunakan genzet pribadi dinyalakan hanya kurang lebih enam jam yakni pukul 18.00 WIT hingga pukul 00.00 Wit. Sementara untuk listrik  tenaga surya dinyalakan pada malam hari hanya khusus untuk penerangan. 

 

Kabupaten Kepulauan Sula 

Pulau Taliabu 

Sudah menggunakan listrik dari PLN, di Kecamatan Taliabu Barat hanya empat desa mendapatkan pelayanan PLN, Kecamatan Barat Laut hanya desa Nggele yang memperoleh pelayanan PLN  dan Kecamatan Lede juga hanya desa lede mendapatkan pelayanan PLN. Waktu beroperasi rata-rata dari jam 6 sore sampai 10 malam. Sementara di Kecamatan Taliabu Utara, Timur, Timur Selatan, Selatan, Tabona, tak ada pelayanan listrik sama sekali, tak ada lampu genset yang digunakan secara umum, kecuali perorangan.

Pulau Limbo masuk kecamatan Taliabu Barat juga tak ada pelayanan listrik, genset hanya digunakan perorangan. Di  Pulau Pancoran masuk pada Kecamatan Taliabu Barat  menggunakan listrik  dari tenaga  surya.

Pulau Mangoli

Kecamatan  Mangoli Barat hanya satu desa belum mendapatkan pelayanan PLN, Mangoli Timur seluruhnya  menggunakan PLN, Mangoli Tengah hanya tiga desa, Mangoli Utara hanya tiga desa, Mengoli Utara Timur hanya satu Desa. Mangoli Selatan seluruh desa belum memperoleh pelayanan PLN. PLN beroperasi hanya dari jam 6 sore sampai 7 pagi. 

Untuk Pulau Pas Ipa masuk Kecamatan

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Justhost Review 2017 26 Jan 2017, 23:26:20 WIT

    Tidak disangka saya nemu website ini. Ternyata webnya keren abis. Update terus pak bos!

    Gallypost 24 Agu 2017, 15:38:21 WIT

    Semoga daerahnya cepet ditangani pemerintah

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar