Seperti Ini Suasana Ramadan di Ternate

By Kabar Pulau 01 Jun 2017, 09:17:47 WITBaronda

Seperti Ini Suasana  Ramadan di Ternate

Dua. Di sini disediakan  Pemerintah Kelurahan Mangga Dua dengan  fasilatas berupa 60 tenda. Setiap unit tenda    akan dipungut retrubusi Rp15 ribu per hari yang bisa di tempati 1 sampai 2 pedagang.  

Sementara  di depan Taman Nukila ada deretan meja sepanjang kurang lebih 70 meter di  kawasan tapak III plus ditata  dengan tenda berbentuk kerucut  disertai meja dan kursi. 

Lina (44) tahun terlihat   duduk ditemani  anak perempuannya berumur kurang lebih 11 tahun  menunggui  dagangan mereka. Saat disambangi dan diajak bercakap-cakap soal usahanya, Lina menceritakan kalau awalnya mereka belum ditata seperti   sekarang.  “ Awalnya tempat jualan kami ini berada di jalan tengah ( kawasan pasar Gamalama), ” kata lina.

Karena aktivitas ini membuat  jalan sempit akhirnya  mereka  dipindah ke depan  Taman Nukila.   

Lantas apa saja yang dijajakan?  Ada bermacam-macam kue.    Yang  ia jajakan  juga buka hanya miliknya, tapi juga  titipan orang lain.  Dari hasil jualannya siang itu   sudah  mendapatkan kurang lebih Rp270 ribu.  ”Hari ini masih jual punya orang,”ujar Lina.

Begitu juga  dengan penjual kue di Falajawa.  Ida (58)  ditemui  di tempat jualannya di depan taman Falajawa itu mengaku,  awalnya jualan kue ini hanya dua orang. Dia dengan seorang temannya. Lalu lama kelamaan  yang lainnya ikut berjualan  memenuhi kawasan itu  dan  ramai seperti sekarang ini.

Ramainya warga berburu penganan buka puasa kadang kala sampai  membuat akses jalan menjadi macet. Ini karena pedagang kue yang berjejer  di   sebagian sudah melewati bibir jalan. Belum lagi  kendara

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar