RZWP-3-K di Tiga Provinsi Mulai Digarap

By Kabar Pulau 30 Agu 2017, 08:01:13 WITTelusur Pulau

RZWP-3-K  di Tiga Provinsi Mulai Digarap

pemanfaatan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang mempunyai fungsi sosial dan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dapat terproyeksi, serta boundaries untuk setiap aktivitas pemanfaatan ruang laut akan lebih jelas sehingga akan membantu efektivitas pengawasan dan pengendalian,” imbuhnya.

Proses penyusunan dokumen RZWP-3-K di Provinsi Maluku telah dimulai sejak tahun 2010 oleh Kelompok Kerja RZWP-3-K Provinsi Maluku yang beranggotakan perwakilan seluruh organisasi perangkat daerah Pemerintah Provinsi Maluku yang terkait dalam pemanfaatan ruang wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Provinsi Maluku. Hingga 2017, telah tersusun 12 dokumen RZWP-3-K berbasis gugus pulau, yang kemudian dirajut menjadi satu dokumen RZWP-3-K Provinsi Maluku. Penyusunan RZWP-3-K ini didasarkan pada analisa spasial dan non spasial yang komprehensif serta merangkum aspirasi segenap pemangku kepentingan sebagai pemanfaat ruang.

“Dalam dua hari ini kita akan melakukan verifikasi terhadap peta pemanfaatan dan peta rencana yang telah dibuat oleh tim Pokja dan Tim Teknis, serta berdiskusi untuk menentukan alokasi ruang dalam RZWP-3-K Provinsi Maluku. Konsultasi publik ini dilakukan untuk memperoleh masukan, tanggapan dan atau saran perbaikan data dan informasi tematik yang telah dirangkum dalam dokumen awal rencana zonasi, sehingga dapat disepakati oleh semua pemangku kepentingan di Provinsi Maluku,” pungkas Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff.

Dalam kegiatan ini United States Agency for International Development atau Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika (USAID) yang merupakan badan independen dari Amerika Serikat   membantu   mengumpulkan data-data  yang saat ini sudah ada dalam bentuk peta pemanfaatan ruang laut  juga peta rencana alokasi ruang laut. 

Staf Komunikasi  proyek USAID

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar