RZWP-3-K di Tiga Provinsi Mulai Digarap

By Kabar Pulau 30 Agu 2017, 08:01:13 WITTelusur Pulau

RZWP-3-K  di Tiga Provinsi Mulai Digarap

s 2017, bertempat di aula Kantor Gubernur Maluku. Forum ini bertujuan memperoleh verifikasi dari berbagai pemangku kepentingan di Provinsi Maluku terkait pemanfaatan ruang wilayah pesisir dan pulau kecil yang telah ada. Termsuk   menjaring masukan untuk penentuan rencana alokasi ruang wilayah laut ke depan di Provinsi Maluku.

Selain Sekretaris Daerah Provinsi, para Bupati, Kepala Bappeda, serta Kepala Dinas Perikanan di 11 Kabupaten/Kota, konsultasi publik juga melibatkan perwakilan masyarakat adat, kelompok nelayan, dan akademisi. Kepala Bagian Humas, Biro Humas dan Protokol, Kantor Gubernur Maluku, Bobby Kin Palapia dalam rilisinya  kepada kabarpulau.com Rabu (30/8) menjelaskan,  konsultasi publik RZWP-3-K Maluku tahap awal ini, merupakan wujud nyata komitmen  merealisasikan mandat UU No. 27 Tahun 2007 jo UU No. 1 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Sementara Gubernur Maluku Ir. Said Assagaff dalam sambutan pembukaan konsultasi public itu, menekankan pentingnya RZWP-3-K sebagai acuan pemerintah daerah dalam merancang strategi dan prioritas pemanfaatan ruang serta memberikan kepastian bagi investasi pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang sejalan dengan daya dukung sumber daya laut dan perikanan Provinsi Maluku.

“Sebagai Provinsi Kepulauan yang ditaburi 1.340 pulau dengan panjang garis pantai 10.630 km, dan dengan luas laut yang mencapai 92,4%, maka implementasi kegiatan pembangunan harus dilakukan dengan mengedepankan pendekatan gugus pulau, kultural, dan sosial kemasyarakatan.  RZWP-3-K akan memberikan pijakan bagi Pemerintah Provinsi Maluku dalam menentukan dan mengimplementasikan strategi pembangunan berbasis gugus pulau, memberikan acuan investasi, serta memastikan akses masyarakat adat dan lokal dalam

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar