Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

By Kabar Pulau 16 Mei 2017, 13:21:49 WITKabar Kampung

Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

kan makanan yang mereka makan, tidur di tempat mereka tidur seperti awal.

Pada tahun 1994 Madiki kembali berhasil membu­juk sebagian yang ada di hutan untuk kembali mendiami rumah–rumah yang telah disiapkan oleh Depsos. Namun, lokasi rumah yang disiapkan sudah berbeda dari sebel­umnya, karena perumahan sebelumnya sudah didiami oleh orang lain yang dekat dengan kampung Dodaga. Se­lain itu, alasannya karna trauma akan kejadian yang lalu, maka pemilihan tempat ditunjuk langsung oleh orang-orang Togutil dan bukan oleh kepala suku Madiki atau­pun Depsos.

Sebelum Madiki dijadikan kepala suku, pada 1960 sudah ada kepala suku yang dingkat langsung oleh “O’Hongana Manyawa” (sebutan asli bagi orang Togutil di seluruh Halmahera), termasuk orang Togutil Dodaga yakni, Almarhum Haji ishak. Menurut Madiki, alm. Haji Ishak sangat berpengaruh dan dihormati oleh O’Hongana Manyawa, selain karena mempunyai kebijak­sanaan dan kekuatan supranatural, Haji Ishak juga be­rasal dari keturunan O’Hongana Manyawa.

Orang Togutil Dodaga yang berhasil dikeluarkan kepala suku Madiki waktu itu sebanyak 42 KK dan siap menempati wilayah yang telah dipilih oleh mereka sendi­ri, di sebuah lokasi yang dinamakan Rai Tukur-tukur. Kepala suku Madiki juga mendapatkan rumah karna dia ditugaskan sebagai pembina. Bantuan selanjutnya juga datang dari Depsos, seperti yang dulu pernah dilakukan.

Sebagai pembina, Madiki merasa mendapat tang­gung-jawab besar, mendapat kepercayaan dari warga Togutil Dodaga dan Depsos. Sehingga ia menekankan pada diri sendiri, bahwa kepercayaan ini harus ia jaga baik–baik.

Setelah berada di kompleks perumahan Depsos, berbagai macam program mulai berdatangan masuk ke warga. Dari yang terlihat aga

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar