Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

By Kabar Pulau 16 Mei 2017, 13:21:49 WITKabar Kampung

Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

til Dodaga yang telah tinggal di dalam rumah menjadi merasa resah.

“Dulu waktu dorang tinggal di rumah dorang dapa musibah penyakit muntaber, dari penyakit ini dorang anggap orang Dodaga yang racong (meracuni) pe dorang sampe dorang dapa penyakit muntaber. Pen­yakit muntaber sampe ada yang maninggal kalo tra sala ada tiga orang dong pe nama yang saya ingat waktu itu Ngoro-ngoro, yang dua lainnya saya lupa”.

Akibat penyakit yang diderita oleh warga yang kel­uar hutan dan tinggal di rumah bikinan Depsos ini, men­imbulkan kecurigaan kepada orang kampung Dodaga. Mereka merasa terancam, sehingga pada tahun 1979- 1980 banyak yang kembali ke hutan melanjutkan cara hidup seperti sebelumnya. Kejadian ini memberikan tantangan berat pada Madiki yang waktu itu menjadi pembina mereka. Rumah yang telah kosong tak berpen­ghuni ini langsung saja dihuni oleh warga lainnya yang merupakan pendatang dari Kao dan Tobelo. Pelaksan­aan program resettlement ternyata tidak bisa membuat orang Togutil hidup dalam cara-cara baru yang disebut modern itu. Hal-hal yang berbau modern malah mem­buat mereka sulit beraktivitas dengan bebas.

Tapi Depsos juga belum menyerah untuk membuat mereka keluar dari hutan, dan masih bekerja sama den­gan warga Dodaga lainnya mencari cara untuk membu­juk mereka yang di dalam hutan agar kembali.

Dan Madiki juga sebagai pembina awal yang sudah mengenal mereka disuruh untuk membujuk mereka ke­luar dari hutan. Bagaimana caranya, agar mereka kem­bali ke rumah yang telah disiapkan oleh Depsos. Seperti cerita awal saat kepala suku Madiki masuk ke hutan ber­bulan–bulan, karna merasa sudah mengenal sebagian dari mereka maka dengan cepat Madiki langsung bisa berbaur, tinggal bersama mereka di dalam hutan, ma

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar