Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

By Kabar Pulau 16 Mei 2017, 13:21:49 WITKabar Kampung

Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

awab atas proyek irigasi tersebut. Ternyata, apa yang dimak­sud dalam mimpinya itu adalah sebuah batu berwajah manusia dan sepertinya itulah yang dimaksud sebagai simbol dari sosok Haruku. Setelah batu itu dipindahkan, proyek pembangunan irigasi berjalan dengan cepat dan selesai dalam waktu 6 bulan. Sebelumnya, proyek irigasi ini selalu terhambat.

Namun kesakralan cerita Batakana dan anakn­ya Haruku saat ini ternodai oleh kegiatan mengkotori sungai oleh masyarakat sekitar, terlebih oleh transmi­gran. Sungai Dodaga kini sudah berbeda drastis. Walau masyarakat transmigran membuang sisa potongan sapi dan pupuk ke dalam sungai, tidak ada yang diganggu atau diingatkan oleh Batakana. Apakah karena Bata­kana memang sudah tidak dipercayai lagi justru oleh masyarakat asli sendiri.

Sekarang masyarakat Togutil Dodaga pun sudah tidak lagi meminum air dari Sungai Dodaga.

Tapi mem­inum air galon yang dibeli seharga tujuh ribu per galon. Sebagian besar warga Togutil Dodaga juga sudah banyak menggunakan sumur yang digali di samping dan bela­kang rumah mereka. Sumur juga tak begitu dalam, hanya sekitar tiga meter sudah mendapat air. Air sumur digu­nakan untuk mencuci pakaian, dan juga dipakai untuk minum. Sebagian masih mencuci dan mandi di Sungai Dodaga.

 


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar