Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

By Kabar Pulau 16 Mei 2017, 13:21:49 WITKabar Kampung

Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

mem­bangun rumah dan kerikilnya digunakan untuk proyek pengaspalan jalan. Ada juga perusahaan bernama PT. Bela (Beni Laos), juga mendapatkan ijin lokasi galian C di Sungai Dodaga.

Warga Togutil Dodaga percaya kalau Sungai Dodaga memiliki “tuan” tertentu dan tidak bisa diperlakukan sembarangan. Tuannya atau pemilik Sungai Dodaga ini bernama Batakana dan anaknya bernama Haruku. Dulu, Batakana itu seorang perempuan yang masih hidup di hutan dan tempatnya dekat dengan kali. Suatu saat itu di sungai terjadi banjir besar dan Batakana menjadi kor­ban dari banjir tersebut. Batakana-pun tewas diseret oleh banjir. Kejadian itu langsung diketahui oleh keluar­ga Batakana, dan setelah banjir selesai keluarga Bataka­na mencari jasadnya tetapi tidak ketemu sampai selama satu minggu. Sampai pada suatu hari Batakana kembali ke keluarganya dengan keadaan yang sudah berbeda; Batakana sekarang sudah menjadi makhluk gaib dan juga menjadi tuan dari kali yang pernah menyeretnya. Batakana juga membawa anaknya yang bernama Haruku hasil pernikahannya dengan makluk gaib juga.

Suatu kali, seorang pekerja proyek pembangunan bendungan di belakang kampung Rai Tukur-tukur per­nah bermimpi bertemu penunggu Sungai Dodaga. Di dalam mimpi, penunggu itu menyuruhnya untuk men­gangkat anak dari si “tuan” sungai yang ada di dalam lokasi proyek irigasi itu. Setelah bangun dari tidurnya, ia pernah ingat kalau orang tuanya pernah mencerita­kan bahwa sungai ini ada “tuan”nya seorang perempuan yang bernama Batakana dan anaknya bernama Haruku. Setelah itu dia pun sadar apa yang dimaksud mimpi itu. Dari mimpinya itu, si pekerja ini memberitahukan kepa­da kerabat dekatnya untuk melihat petunjuk yang ada. Setelah yakin dengan berbagai masukan, secepatnya ia memberitahukan kepada orang yang bertanggung j

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar