Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

By Kabar Pulau 16 Mei 2017, 13:21:49 WITKabar Kampung

Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

ebiasaan saling bantu satu sama yang lainnya. Berkat ikatan persaudaraan yang telah ada sejak dulu, dan hubungan sosial yang terbentuk dari prinsip dan cara gotong-royong. Begitu setiap keputusan, selalu merupakan hasil musyawarah dan kesepakatan bersama.

Kebersamaan ini juga bukan hanya terjadi saat mengantarkan makanan saja. Saat memanen kelapa juga terbentuk kerja sama yang sangat baik. Saat mem­buat kopra, masyarakat asli biasanya saling membantu, dan pola kerja sama seperti ini saling berulang–ulang. Misalkan, kalau bulan ini ada yang panen kelapa untuk dibuatkan kopra, maka masyarakat yang ada di kam­pung datang ikut membantu dan seterusnya seperti itu. Lain kali, semua masyarakat berkumpul di panen kelapa lainnya lagi. Kalau ada yang tidak membantu seakan ada rasa malu atau perasaan tidak enak kepada yang lainnya.

Ikatan sosial juga terbangun dari proses pernika­han yang terjadi antar kampung-kampung yang ada di ke­camatan Wasile. Dalam proses pernikahan, masyarakatsetempat juga saling membantu satu dengan yang lain­nya, seperti membantu mempersiapkan proses pernika­han, membawa hasil-hasil kebun untuk disumbangkan dan dikumpul tiap-tiap keluarga, dan sebagian kerabat dekat datang untuk membantu membuat makanan.

Ada rasa persaudaraan kesukuan yang kuat, dan sekaligus saling mengenal satu sama lain. Misalnya, bila kita bertanya kepada orang Dodaga tentang orang yang tinggal di Bula Papo atau di Tukur-tukur dan Titipa, maka orang Dodaga dengan cepat menjawab mereka mengenal orang itu. Begitu juga di kalangan etnis Tobelo misalnya, hampir di tiap kampung-kampung ada suku Tobelo dan saling kenal satu sama lainnya. Semua ini sudah ada jauh sebelum kampung Dodaga terbentuk, kebersamaan yang kuat seperti ini juga membentuk pola ekonomi bersama yang sangat sederhana namun

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar