Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

By Kabar Pulau 16 Mei 2017, 13:21:49 WITKabar Kampung

Riwayat Dusun Raja Suku Tobelo Dalam

program “Tuna Budaya” ini, peme-rintah mengambil alih lahan warga Togutil Dodaga yang meninggalkan hutan, dan lalu dikapling-kapling untuk dibagi per kepala keluarga lagi.

Di belakang kampung Rai Tukur-tukur, masyarakat diberikan tanah yang ukurannya, menurut kepala suku Madiki sekitar seperempat hektar per keluarga dan itu pun ada “campur tangan” tertentu dari pihak Depsos. Pembagian lahan yang ada di dusun Tukur-tukur, tak di­rasakan oleh masyarakat yang ada di dusun Titipa. De­mikian dijelaskan kepala suku Madiki.

“Waktu saya masih jadi pembina di Titipa (Totu­doku) saya su susun samua pembagian tanah buat masyarakat suku Tobelo yang ada di Titipa. Cuma saya dapat ganti tahun 2008 jadi skarang yang saya dengar dorang di Titipa belum dapa pembagian tanah. Skarang di dorang pe balakang kampung su masuk penanaman pohon sampai su dekat deng kampung, dorang juga me iko baku bantu batanam pohon di dorang pe balakang kampung. Setelah proses penanaman, masyarakat so tara bisa masuk hutan itu”.

Program “Tuna Budaya” sampai sekarang tidak melakukan pembagian tanah di dusun Titipa. Sehingga penanaman yang dilakukan di belakang kampung Titipa sudah mulai mendekati kampung. Program lanjutan juga tidak ada, tapi kebiasaan masyarakat Titipa yang kurang berinteraksi dengan orang luar sudah berubah. Sekolah juga sudah ada tetapi bangunannya masih menggunakan kantor balai desa.

 

Pola Kekerabatan dan Ekonomi Gotong-Royong

Sebelum masuknya warga transmigran di daerah Wasile, masyarakat asli memiliki kebiasaan saling me-ngantar makanan ke kampung sebelah dengan berjalan kaki. Makanan yang biasa diantar seperti daging dan makanan yang lainnya. Ada k

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar