Riwayat Empat Anggota KPU Halteng Tamat

By Kabar Pulau 12 Jan 2017, 15:05:11 WIT

Riwayat  Empat  Anggota KPU Halteng Tamat
Sidang DKPP di Jakarta Kamis (12/3) siang tadi. Sumber: Portal DKPP

asi secara sah. Orang yang menandatangani legalisasi tidak mengakui telah bertanda tangan. Selain itu, tidak ditemukan arsip atas fotokopi ijazah yang dilegalisasi tersebut. Dengan dasar itulah KPU Halmahera Tengah  berkesimpulan bahwa Muttiara T. Yasin tidak memenuhi syarat.  Keputusan TMS tersebut dituangkan dalam SK Nomor 23/Kpts/KPU-Kab.029.434418/X/2016.

SK TMS itu menjadi masalah karena Muttiara mampu menunjukkan ijazah aslinya. Namun, hal itu tidak diindahkan oleh KPU Halmahera Tengah. KPU RI dan KPU Provinsi Maluku Utara juga telah mengingatkan agar SK 23 tersebut dikoreksi. KPU RI dan KPU Provinsi menyebutkan, sepanjang ada bukti yang dapat memastikan bahwa calon lulus SMA/sederajat maka yang bersangkutan harus dinyatakan memenuhi syarat. Alih-alih mematuhi perintah atasannya, KPU Halmahera Tengah justru mengondisikan agar rapat penetapan pasangan calon dilakukan di menit-menit terakhir (injury time).

Perbuatan para Teradu yang tidak mematuhi perintah dari atasannya tersebut menurut DKPP telah masuk kategori pembangkangan kepada atasan. DKPP juga menilai, perbuatan Teradu yang tidak disiplin jadwal saat rapat pleno penetapan paslon meskipun alasannya menunggu komisioner yang belum hadir, membuktikan para Teradu tidak tertib dengan agenda penting dan menentukan. Hal seperti itu menurut DKPP sangat berbahaya bagi integritas penyelenggara Pemilu karena dapat menimbulkan syakwasangka yang buruk dari masyarakat.

Sidang putusan ini Majelis diketuai oleh Prof. Jimly Asshiddiqie dengan Anggota Dr. Nur Hidayat Sardini, Saut Hamonangan Sirait, Dr. Valina Singka Subekti, Ida Budhiati, dan Endang Wihdiatiningtyas. Sidang juga diikuti secara video conference di masing-masing Kantor Bawaslu Provinsi asal perkara.

Sumber: Portal Berita DKPP  

KPU Provinsi Punya Dua Opsi

Sementar  anggota

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar