Pulau Obi yang Kaya Kini “Telah Ludes”

By Kabar Pulau 01 Jun 2017, 11:19:17 WITKabar Malut

Pulau Obi yang  Kaya   Kini “Telah Ludes”

dari Kampung Anggai. Sedangkan di daerah Airmangga, Kecamatan Obi jumlah penambang hanya 4 kelompok penambang dan lokasinya cukup jauh dari Kampung Airmangga.

Menurut Sahya Sudarya, Geolog, 2007, dalam riset menjelaskan bahwa mineralisasi di daerah Anggai ditandai oleh adanya urat kuarsa dalam bentuk urat maupun bentuk stockwork menerobos batuan lava, breksi dan tufa bersifat andesitik. Adanya penerobosan larutan hidrotermal menyebabkan batuan mengalami ubahan cukup kuat pada batuan sampingnya, jenis ubahan terdiri dari argilik, dan silisifikasi. Ubahan ditandai oleh adanya tufa berwarna abu-abu, yang mengandung sulfida pirit halus, sedangkan alterasi dalam bentuk silisifikasi dimana memperlihatkan mineral warna abu-abu keputihan sangat keras. Silisifikasi terjadi terutama dekat urat kuarsa berbentuk stockwork.

Jenis ubahan argilik ditandai oleh hadirnya mineral lempung. Urat kuarsa berarah barat laut-tenggara dengan kemiringan antara 30-45º, ketebalan urat kuarsa 2-25 cm. Secara megaskopis warna putih, sugarry, vuggy, asosiasi mineral sulfida terdiri dari pirit, kalkopirit, kovelit, emas, perak, galena dan besi oksida, diduga memiliki kaitan erat dengan pembentukan emas.

 

Sistem Penambangan dan Pengolahan

Penambangan emas di daerah Anggai dan Airmangga dilakukan dengan sistem tambang dalam dengan cara membuat lubang vertikal dengan kedalaman sekitar 10-20 m, dan selanjutnya mengambil batuan yang mengandung bijih emas mengikuti arah urat sampai kedalaman ± 35 m.

Pengolahan emas rakyat di daerah Anggai dan Airmangga dilakukan secara amalgamasi, yaitu bijih emas ditumbuk dengan alat sederhana berupa palu sampai berukuran pasir hinga kerikil, selanjutnya dimasukkan ke dalam tromol berukuran 25 kg dan diputar menggunakan mesin diesel selama kurang lebih 5 jam hingga batu

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar