Perusakan Sumberdaya Laut dan Pesisir Makin Masif

By Kabar Pulau 24 Nov 2017, 08:23:39 WITLingkungan Hidup

Perusakan Sumberdaya Laut dan Pesisir  Makin Masif

i aktif para pejuang laut didalam berbagai aspek pengelolaan sumber daya laut, termasuk perikanan terutama melalui implementasi  kegiatan proyek USAID SEA.   Program Pejuang Laut  ini juga menjadi forum  memperkuat kearifan  lokal,”  jelas  USAID  Senior Marine Program Specialist Celly Catharina.

Menurutnya melalui inisiatif Pejuang Laut,  ini masyarakat  pesisir diharapkan  memahami konservasi dan pengelolaan perikanan yang berdampak pada meningkatkan komitmen mereka dalam mematuhi peruntukan  zonasi di dalam setiap kawasan  konservasi laut  sekaligus  mengelola akses  sumber daya laut dan perikanan secara bertanggung jawab. Dengan demikian,  upaya pelestarian laut  melalui pembentukan Kawasan  Konservasi Perairan (KKP) dan pengelolaan perikanan  berkelanjutan dapat berjalan sesuai harapan  dan memperlihatkan hasil yang baik dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Hasil survei  mitra kerja USAID SEA seperti Coral Triangle Center (CTC), WWF Indonesia, dan Wildlife Conservation Society (WCS) selama setahun terakhir mengungkap tingginya praktik- pratik penangkapan ikan yang merusak, penangkapan ikan ilegal, kerusakan terumbu karang, penangkapan berbagai spesies yang dilindungi dan terancam punah, serta kerusakan kawasan bakau.

“Peran Pejuang Laut menjadi sangat strategis dalam upaya penyadaran komunitas dan diharapkan ke depannya dengan dukungan Penjuang Laut ini praktik-praktik tersebut dapat ditekan bahkan turun. Pejuang Laut  merupakan tokoh panutan yang diajukan sendiri oleh komunitasnya,” tambahnya.

Mereka nanti akan bekerja sama dengan para mitra  Proyek USAID SEA, seperti Coral Triangle Center(CTC), WWF-Indonesia, Wildlife Conservation Society (WCS), Yayasan Masyarakat dan Perikanan Indones

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar