Perusakan Sumberdaya Laut dan Pesisir Makin Masif

By Kabar Pulau 24 Nov 2017, 08:23:39 WITLingkungan Hidup

Perusakan Sumberdaya Laut dan Pesisir  Makin Masif

 

Perwakilan Masyarakat Tiga Provinsi  Luncurkan  Program  “Pejuang Laut”  

Penulis: Mahmud Ici/Wartawan Kabarpula.com

USAID Sustainable Ecosystems Advanced (USAID SEA), bersama  50 perwakilan masyarakat dari Provinsi Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat meluncurkan sebuah program pejuang laut. Peluncurannya bertepatan dengan peringatan Hari Perikanan Sedunia  21 November lalu. Program ini  sekaligus menyatukan  komitmen bersama  mendukung upaya penyadartahuan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil tentang pentingnya menjaga kelestarian sumber daya laut dan perikanan  di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP)-715 di tiga provinsi  ini.

Peluncuran di Aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Kota Ambon, Maluku,  itu sekaligus dilakukan pembekalan pengetahuan dasar  terkait kondisi kelautan dan perikanan  serta diperkenalkan  teknik komunikasi dan fasilitasi  masyarakat. Pejuang Laut ini diharapkan menjadi wadah bagi para pegiat konservasi laut di ketiga provinsi untuk saling berbagi informasi tentang  ancaman kelestarian sumber daya laut dan perikanan. Termasuk  kisah-kisah konservasi yang telah dilakukan   para tokoh. Pertemuan  dari kelompok nelayan, pemuka adat, pemimipin masyarakat pesisir, tokoh pemuda dan perempuan, lembaga  swadaya masyarakat, pelaku bisnis, akademisi, hingga penyuluh perikanan dan dinas terkait ini, mengambil tema “Lestari Lautku, Banyak Ikanku”. Pejuang Laut  ini  sebagai  upaya memfasilitasi perubahan perilaku masyarakat pesisir dalam upaya melestarikan sumber daya laut dan perikanan di WPP-715.

“Program Pejuang Laut ini memberikan kesempatan untuk  meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan mendorong partisipas

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar