Peringati 17 Agustus dengan Wisata di Alam Bebas

By Kabar Pulau 05 Agu 2017, 10:32:25 WITBaronda

Peringati 17 Agustus dengan Wisata di Alam Bebas

, 16 hingga 18 Agustus   mendatang. Harga paket wisata dimulai dari Rp 700 ribu jika jumlah peserta sebanyak 5 (lima) orang. Semakin banyak peserta yang mendaftar maka semakin berkurang harga paket wisatanya. Peserta paket wisata juga harus menyiapkan fisik dan perlengkapan kemah untuk mengikuti acara ini. “Termasuk   kamera  juga harus disediakan,”ujar David.

Jamal Adam salah satu anggota panitia menambahkan   upacara  ini akan dilanjutkan dengan pengukuhan sanggar  wisata alam atau kelompok sadar wisata Desa Koli.  Dimana kelompok masyarakat ini nanti  secara  swadaya membantu BTNAL  menjaga  dan mengelola  destinasi  wisata alam Tayawi berdasarkan prinsip perlindungan, pemanfatan dan pengawetan sesuai    peraturan yang berlaku.  "Kami senang  jika masyarakat secara swadaya mau terlibat aktif  dalam pengelolaan,”  kata Jamal mengutip pernyataan  Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe-Lolobata Sadtata Noor Adirahmanta.

Dia melanjutkan,  pengelolaan kawasan  konservasi ini  harus  memberikan manfaat nyata bagi masyarakat  sekitar kawasan. Karena, pada  dasarnya pemilik  hutan yang  sesungguhnya adalah rakyat atau masyarakat sekitar. Adapun keberadaan pemerintah dalam hal  ini diwakili  instansi  pengelola  kawasan (BTNAL)  hanya   membantu  masyarakat menjaga dan mengelola kawasan tersebut.

Kegiatan ini rencananya dihadiri tokoh masyarakat sekitar kawasan  termasuk guru yang mengajar  di sekolah sekolah yang desanya berbatasan  langsung  dengan  kawasan.(aji)

 


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar