Partisipasi Ekonomi Perempuan Masih Rendah

By Kabar Pulau 08 Des 2017, 22:03:16 WITPolmas

Partisipasi Ekonomi Perempuan  Masih Rendah

di tingkat manajemen menengah hingga tingkat board, dan perbedaan penghasilan antara pekerja perempuan dan laki-laki.  

IBCWE berharap bisa ada  kontribusi  riil dengan mengambil peran  langsung dan terjun ke publik. "Mendorong  kesadaran publik terkait   isu kesetaraan gender merupakan salah satu fokus dari IBCWE.  Tentu  melalui media tradisional maupun digital yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat sehari-hari," ujar Dini.

Soal perempuan ini,  Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Abdul Manan  mengungkap,  banyak fakta   yang mengindikasikan kesetaraan gender perlu mendapat perhatian media,meski tak bisa dipungkiri  ada banyak  kemajuan. "Kita mendengar praktik ketidaksetaraan  masih banyak terjadi,” ujarnya.

Salah satu bentuk diskriminasi di tempat kerja adalah dengan tak memposisikan perempuan sebagai pencari nafkah utama seperti halnya laki-laki. Perbedaan perlakuan ini berdampak pada akses, kesempatan lebih luas pada leadership perempuan tapi juga terjadi diskriminasi dalam hal pengupahan. Akibatnya, perempuan kerap tak mendapatkan tunjangan untuk suami dan anaknya. Padahal, jika laki-laki berkeluarga bekerja, ia mendapatkan tunjangan untuk istri dan anaknya. “Karena itu penting membekali jurnalis pemahaman soal kesetaraan gender agar dapat menggali ketimpangan jender yang masih terjadi,” ujarnya.

Karena itu juga saat ini IBCWE bekerja sama dengan Sekolah Jurnalisme AJI menggelar Short Course Kesetaraan Gender di Dunia Kerja selama   Oktober hingga November. Training ini melibatkan 17 jurnalis  dari beberapa media yakni Republika, VIVA.co.id, satuharapan.com, RRI, Tempo, CNN TV, KBR, Detik.com, Tirto.id, Merdeka.com, RTV, Suara.com, Femina, Metrotvnews, dan Koran Jakarta. Seluruh peser

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Nurul hidayah 28 Jan 2018, 09:31:50 WIT

    Emang ya tahun baru doi makin hits aja. Nah mau hits juga kayak doi? Makanya download Kwai Go dong biar lo bisa hits dan banyak duit kayak doi. Simpel aja lo upload video di Kwai Go dan makin banyak orang yang nonton video lo, makin banyak Kwai Poin yang lo dapet dan bisa ditukerin sama duit.

    Download Kwai Go sekarang di Google Playstore atau Apple Appstore dengan kata kunci pencarian ‘Kwai Go’!

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar