Pariwisata di Kawasan Pulau Gura Ici Nasibmu Kini

By Kabar Pulau 05 Jan 2018, 09:17:21 WITBaronda

Pariwisata di Kawasan Pulau Gura  Ici Nasibmu  Kini

un  Abjan berharap adanya perhatian  tidak hanya   konservasi tetapi juga pengembangan wisatanya. Tujuannya masyarakat  yang rata-rata nelayan bisa mendapatkan sesuatu.  “Artinya   jika pariwisata berkembang warga   juga bisa mendapatkan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka,” tuturnya. Soal ini menurut Aksan sudah disampaikan ke pemerintah daerah berulangkali. Sayangnya belum ada perhatian serius.

Harapan  agar segera ada perhatian dan perbaikan daerah pariwisata ini juga datang dari nelayan  setempat. Muin Abdullah nelayan Lelei turut berharap ada pengembangan kawasan wisata di sini. Terutama penyediaan sarana pendukung yang bisa memudahkan wisatawan  datang  ke Lelei  dan pulau-pulau sekitarnya. “Kami warga  juga ingin daerah kami banyak dikunjungi wisatwan sehingga  bisa memperoleh manfaatnya,” ujarnya.

Lantas seperti apa  tanggapan pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan sebagai pihak yang memiliki wilayah konservasi ini dalam hal pengelolaannya?  Pemerintah daerah sepertinya melepas  tanggung jawab  terkait pengelolaan daerah wisata ini. “Kita tidak punya dasar hukum untuk mengelola pulau-pulau Guraici sebagai salah satu kawasan wisata,” jelas Kepala Dinas Pariwasata Kabupaten Halmahera Selatan M Nur Kamarullah.Dia beralasan belum ada penyerahan asset dan sebagainya dari provinsi ke kabupaten. 

Dia mengaku pemerintah daerah Halsel juga punya keinginan mengelola kawasan wisata ini. Hanya saja pembangunan fasilitas pariwsta ini  tidak tahu apakah oleh pemerintah provinsi Maluku Utara ataukah dana  dari mantan Gubernur  Maluku Utara yang  juga warga  Lelei secara pribadi.  “Ini soalnya    jika  sudah ada penyerahan secara resmi kepada

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar