Pariwisata di Kawasan Pulau Gura Ici Nasibmu Kini

By Kabar Pulau 05 Jan 2018, 09:17:21 WITBaronda

Pariwisata di Kawasan Pulau Gura  Ici Nasibmu  Kini

ndukung berupa transportasi untuk membantu  memperlancar akses  wisatwan,” kata Aksan.  Selama ini belum ada penyediaan transportasi  khusus  melayani  wisatwan yang mau melancong  ke Lelei dan sekitarnya. Memang katanya  ada transportasi  rakyat regular tetapi itu memiliki jadwal yang tidak setiap hari.

Soal fasilitas lain seperti tempat menginap dan alat alat selam sebelumnya sudah disediakan pemerintah Provinsi Maluku Utara  bernilai miliaran rupiah. Ada  cottage, home stay hingga   jetsky maupun alat diving untuk wisata bawah laut. Hanya saja karena tidak ada perhatian yang serius, saat ini  berbagai fasilitas itu terbiar dan rusak. Bahkan sebagian  sudah hilang entah di mana.

Untuk sarana tinggal wisatawan misalnya, juga banyak yang sudah rusak karena tidak  pernah digunakan. Begitu juga sarana pendukung lainnya yang  telah dibangun dengan dana ratusan miliar  hanya terbiar percuma.

Soal fasilitas  terbengkalai ini menurut  Aksan,  karena  usai dibangun  tidak dimanfaatkan dengan pendukung lainnya yang memadai. Misalnya  tidak ada transportasi yang mampu membantu  membuka akses ke Lelei. Ini  masalahnya. Selain itu,  program pemerintah setelah membangun sarananya juga  tidak focus mengambangkan pariwisata   ini,  tetapi mengarahkan   ke daerah baru yang belum sama sekali memiliki nama dan fasilitas. ”Fasilitas sudah dibangun ada 12 cottage  besar dan cukup mewah. Tetapi karena tidak dimanfaatkan jadi rusak percuma. Ini juga karena  pemerintah tidak mengurusnya secara baik. Pemerintah provinsi maupun kabupaten tidak peduli setelah dibangun,” katanya. 

Saat  ini  Guraici masuk pencadangan kawasan konservasi maka baik Aksan maup

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar