Pariwisata di Kawasan Pulau Gura Ici Nasibmu Kini

By Kabar Pulau 05 Jan 2018, 09:17:21 WITBaronda

Pariwisata di Kawasan Pulau Gura  Ici Nasibmu  Kini

n ratusan parimanta. Parimanta ini begitu jinak. Bisa bermain  dengan mereka yang melakukan snorkeling  atau menyelam.

“Ada salah satu peneliti dari Italia  pernah datang dan menyelam di kawasan  pulau Rajawali menyampaikan kepada kami   parimanta  di sini terbanyak di dunia. Dia menceritakan kepada kami sudah banyak tempat dia selami dan bertemu parimanta tetapi tidak sebanyak  di pulau Rajawali ini,” cerita Armaiyn.  Karena ada  pusat bermain parimanta ini maka dia meminta  ada perhatian khusus  pengembangan kawaasan ini.

Soal potensi ini benar adanya.  Di kawasan ini  hampir setiap saat  didatangi  turis baik lokak maupun mancanegara.  Mongabay sempat  menyaksikan dari jarak dekat di atas speed boat parimanta  bermain di atas permukaan air.  Kawasan laut kurang lebih seratus hektar itu terhampar pulau  di  bagian Utara  dan  Selatan memanjang dari timur ke barat. Pulau-pulau itu antara lain Dara Mafala, Pulau Gura Ici, Pulau  Popaco,  Pulau Joronga, Pulau Sappan, Pulau Tapaya,  Pulau Salo,  Pulau Salo Kecil,  Pulau Soho Mahoo, Pulau Kelo, Pulau  Kaha Malo,  Pulau Igo, Pulau Rajawali. Pulau yang sebagian besar diisi hutan mangrove ini, sangat menawan karena sebagian diantaranya memiliki pasir putih    dengan laut membiru kehijauan.     

Ketua Perhimpunan Nelayan Tradisional Provinsi Maluku Utara Aksan Ahmal yang juga  tokoh masyarakat Pulau Lelei meminta adanya perhatian pemerintah terkait kondisi pariwisata  yang belum terurus secara baik tersebut.  Dia berharap ada keseriusan pengembangan kawasan wisata ini.  “Warga saat ini  sangat membutuhkan perhatian pemerintah. Terutama  penyediaan  fasilitas pe

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar