Pariwisata di Kawasan Pulau Gura Ici Nasibmu Kini

By Kabar Pulau 05 Jan 2018, 09:17:21 WITBaronda

Pariwisata di Kawasan Pulau Gura  Ici Nasibmu  Kini

ni   nelayan.  Ada sebagian juga menjadi petani. Selain melaut  untuk dijual  dan sebagian  dimakan, jika ada banyak turis mereka bisa memperoleh pendapatan sampingan.  Dengan pengembangan potensi wisata yang kami miliki, setidaknya bisa memberikan   pemasukan  bagi  warga,” harapnya.    

Wilayah yang secara administrasi  masuk  kecamatan Kayoa Kabupaten Halmahera Selatan Maluku Utara itu,   selain sudah ditetapkan sebagai salah satu kawasan pencadangan  konservasi  perairan di Maluku Utara, kawasan ini  juga sudah  menjadi salah satu destinasi wisata  penting di Maluku Utara. Sayangnya,  promosi keluar tentang daerah  ini  serta dukungan transportasi  belum memadai.  Ini yang   membuat   turis  atau  pengunjung  juga  agak kesulitan menjangkau daerah ini  secara lancar.  Pasalnya untuk sampai ke  gugusan pulau-pulau Guraici dengan pusat di Lelei  membutuhkan biaya dan waktu yang lumayan lama.

Sekadar diketahui, jika dari Ternate  harus menunggu transportasi regular  bisa  seminggu tiga kali.  Atau jika mereka yang memiliki banyak uang bisa saja menyewa speed boat dari Ternate dengan biaya  yang  lumayan  mahal. Antara Rp3 juta sampai  Rp Rp5 juta dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan.   Soal biaya yang mahal itulah  kadang wisatawan berpikir ulang  melanjutkan perjalanan  sampai ke Lelei setelah  di Ternate.

Maharani Salindeho salah satu wisatwan lokal yang    setiap pecan mengunjungi beberapa   pulau di Maluku Utara menuturkan, soal biaya transportasi langsung ke pulau Lelei dan sekitarnya  itu  menjadi masalah.  

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar