PAD Malut Bocor di Manado dan Jakarta

By 27 Des 2016, 18:30:53 WITPolmas

PAD Malut Bocor di Manado dan Jakarta

n Pemprov Maluku Utara. Jadi dia beroperasi di dua wilayah perairan menggunakan izin ganda. Padahal itu orang dan kapal yang sama tetapi menggunakan dua izin. Makanya perlu buat kesepakatan antar komponen ini untuk MoU bersama pemerintah Sulawesi Utara dan Maluku Utara. Karena ini sudah mengarah ke ilegal fishing,” katanya.

Rais mengemukakan, penertiban yang akan dilakukan itu berkaitan dengan upaya Komisi II DPRD Malut menggenjot PAD Maluku Utara bisa naik dan tidak devisit pada 2017 mendatang.

“Karena nelayan-nelayan yang beroperasi ini harus ditertibkan, dipanggil dan diperiksa izin-izinnya. Kalau memang dia beroperasi di Sulawesi Utara ya izin di Maluku Utara dicabut. Kalau dia beroperasi di Maluku Utara ya izin di Sulawesi Utara dicabut. Karena tidak bisa pakai dua izin,” jelasnya. “Kerugiannya belum bisa ditaksir,” sambungnya.

20 Ribu Mobil Berplat Manado dan Jakarta

Rais mengungkapkan, sebanyak 20 ribu jenis kendaraan roda empat (termasuk alat berat) yang bernomor polisi Sulut dan Jakarta. Mobil-mobil berplat luar ini beroperasi di Malut.

“Setelah itu berkaitan dengan UPTD Samsat, kami temukan sesuai data laporan Dispenda Provinsi Malut itu ada 20 ribu kendaraan yang masih berplat Sulawesi Utara dan Jakarta. Seluruh kendaraan ini tersebar di Provinsi Maluku Utara. Sampai sekarang kemungkinan bertambah,” katanya.

“Dalam menindak lanjuti itu pihak dealer dan kepolisian daerah akan dilibatkan. Karena mereka (pihak dealer) juga kadang kala berada di dalamnya. Rata-rata personal dan perusahaan. Ketika mobil datang mereka hanya lapor tiba, tetapi tidak mengurusi perubahan plat yang ada. Ini berdampak pada pendapatan daerah yang selama ini bocor ke luar,” sambungnya.

Mobil-mobil tersebut, kata Rais, ketika datang hanya membayar biaya lapor t

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar