NKRI, Archipelago atau Negara Kepulauan

By Andhy EH 24 Des 2016, 22:29:13 WITOpini

da Kartawidjaja mengumumkan  suatu pernyataan tentang wilayah perairan Repoblik Indonesia. Dalam pengumuman pemerintah tersebut dinyatakan sebagai berikut: segala perairan di sekitar, diantara dan yang menghubungkan pulau-pulau yang termasuk negara Indonesia dengan tidak memandang luas atau lebarnya adalah bagian yang wajar dari wilayah Indonesia, dengan demikian perairan pedalaman atau perairan nasional yang berada di bawah kedaulatan mutlak negara Repoblik Indonesia. Pengumuman ini selanjutnya dikenal dengan deklarasi Djuanda yang diresmikan menjadi UU No. 4/PRP/1960 tentang perairan Indonesia  yang menegaskan bahwa Indonesia menganut prinsip-prinsip negara kepulauan (Archipelagic State) atau Wawasan Nusantara.

Deklarasi Djuanda merupakan pernyataan sepihak dari pemerintah Indonesia yang pada awalnya mendapatkan pertentangan besar dari bebarapa negara, namun berkat perjuangan pemerintah Indonesia pada akhirnya konsepsi Wawasan Nusantara ini mendapatkan pengakuan di dalam konvensi PPB mengenai hukum laut (United Nations Convention on the Low of the Sea/UNCLOS 1982). Konvensi ini dirativikasi dengan UU No. 17 Tahun 1985, yang membawa konsekwensi Indonesia harus menetapkan Garis Pangkal, Batas Laut Teritorial, Batas Jona Tambahan, Batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) dan Batas Landas Kontinen.

Sudakah perjuangan wilayah NKRI selesai ? belum. Indonesia berbatasan dengan 10 negara tetangga, yakni: India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Philippina, Republik Palau, Papua Now Guinea, Australia dan Timor Leste. Saat ini, perjuangan pemerintah Indonesia untuk memastikan batas-batas wilayah NKRI masih  terus berlangsung melalui jalan perundingan dengan negara-negara tetangga. Disamping itu Indonesia juga berbatasan dengan laut lepas di samudera India dan samudera Pasifik, dimana batas-batas ZEE dan Landas Kontinen dapat dilakukan secara un

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar