Negeri Rempah di Atas Awan

By Andhy EH 24 Des 2016, 21:39:56 WITKabar Kampung

Negeri Rempah di Atas Awan

sp; untuk kebutuhan sehari-hari.

Lalu berapa banyak hasil pala dan cengkih dari kampong ini?   Setiap musim panen   Kalaodi menghasilkan pala dan cengkih mencapai ratusan ton. ” Kami tidak menghitungnya secara pasti. Tapi  bisa ratusan ton masuk ke Tidore. Ini karena lahan pala dan cengkih  yang diusahakan mencapai ratusan hektar,” ujar Abdurahman. Untuk  l bambu  sendiri sudah jarang dimanfaatkan sebagai bahan baku membangun rumah. Saat ini warga memanfaatkan membuat berbagai barang kerajinan. Misalnya saloi  semacam keranjang yang digunakan ibu-ibu ketika ke kebun ataupun  tolu  sejenis topi lebar   pelindung  kepala dari hujan dan panas. Tidak itu saja  bambu juga  dimanfaatakn untuk berbagai barang kerajinan.

“ Sekarang ini sebagian ibu-ibu   memanfaatkan  bambu  membuat barang kerajinan untuk dijual ke pasar,” tambah Abdurahman.

Selain cengkih dan pala. Kalaodi juga menjadi pusat perkebunan durian. Tidak heran. jika memasuki musim durian Tidore selalu dibanjiri durian dari Kalaodi. Durian Kalaodi, terbilang cukup dikenal di Kota Tidore. Para penjual durian di Tidore rata-rata membeli dari petani  di Kalaodi.

 

Pembagian  Lahan   Kelola  Hutan

Masuk dalam kawasan hutan lindung  maka  pengelolaan lahannya pun sangat terbatas. Untuk perkebunan, masyarakat, tidak bisa sembarangan  membuka lahan  garapan . Sejak  kawasan ini masuk peta hutan lindung  tidak ada lagi warga membuka lahan baru untuk perkebunan.  Kebun- kebun masyarakat  yang sebelumnya suda

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar