Meretas Jejak Alfred Russel Wallace Melalui Film

By Kabar Pulau 07 Agu 2017, 05:18:56 WITLingkungan Hidup

Meretas  Jejak  Alfred Russel  Wallace Melalui Film

. Di sini  dia berhasil menemukan banyak sekali  keaneka ragaman jenis  floura dan fauna jenis baru yang belum pernah diketahui dan indentifikasi oleh manusia sebelumnya.  Bahkan katanya temuan temuannya  itu juga mengegerkan  dunia sekaligus menambah  koleksi baru di dunia ilmu pengetahuan. “ Profesor menyampaikan  bahwa lahirnya teori evolusi itu di cetuskan di kawasan TNAL/Pulau Halmahera - Maluku Utara,” ujar Sofyan mengutip penjelasan Profesor Jatna.

Dikatakan, banyak catatan dan temuan Alfred di Pulau Halmahera yang mengilhami para peneliti di  dunia  untuk datang ke Taman Nasional Aketajawe Lolobata ini. Bahkan tercatat hasil temuan Wallace paling  banyak di Halmahera dan.salah satunya  yang menjadi Ikon TNAL dan Maluku Utara yaitu Burung Bidadari halmahera (semioptera wallacei).

Dalam film ini  selain mengangkat  sejarah  jejak Alfred di kawasan taman nasional aketajawe lolobata, sebagai kawasan kawasan  konservasi   film pendek ini    juga mengangkat  potensi keanekaragaman jenis aves/burung burung edemik yang ditemukan  Alfred di kawasan ini ratusan tahun yang lalu. Tidak itu saja film ini juga   menampilkan atraksi unik burung burung penghuni kawasan konservasi di Pulau Halmahera Provinsi Maluku Utara.

Terkait jejak  Wallace  ini  sebagaimana dikutip dari Harian Kompas dalamhttp://sains.kompas.com/read/2012/08/13/11262942/ bahwa   saat Alfred Russel Wallace di Ternate  dari kamarnya di sebuah rumah di Ternate , yang disebutkannya tak jauh dari pasar dan benteng, dia menulis surat kepada Charles Darwin. Saat itu, Darwin berada nun jauh di Kepulauan Galapagos. "Surat dari Ternate" inilah yang kemudian menja

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar