Menyuarakan dari Pinggiran, Kabarpulau dan Tamborae Jalin Kerjasama

By Kabar Pulau 07 Sep 2017, 07:44:17 WITKabar Kota Pulau

Menyuarakan dari Pinggiran, Kabarpulau dan Tamborae Jalin Kerjasama

alan  besar dan serius sedang dihadapi bangsa dan rakyat Indonesia.  Banjirnya informasi hoax  dan fake merupakan persoalan. “Tentu kehadiran Tamborae  diharapkan menjadi  setitik kerja  yang membantu,” ujarnya.

Wisnu turut  menggambarkan  situasi media  di Asia Tenggara yang masih buruk dalam hal kebebasannya. Malaysia lebih buruk bermedia dari Timor Leste.  Malasyaia Thailand dan Vietnam masuk  dalam  negara tidak bebas media.  

Untuk negara dengan kekerasan jurnalis tertinggi ada di Filipian.  Di sana wartawan kadang dibekali senjata. Secara keseluruhan  kondisi kebebesan bermedia di Asia Tenggara sangat  menyedihkan. Meski begitu katanya media  di Singapore dan Filipina sangat kuat.  

Di Indonesia ada persoalan cukup serius, yakni   kepemilikan dari para politisi.  Ini sebenarnya  menjadi persoalan berat. Tidak itu saja pelaksanaan keterbukaan informasi juga belum  berjalan baik.   Karena itu dibutuhkan persiapan matang  terutama di daerah- daerah.    

Lantas apa saja yang akan dikerjakan Tamborae dalam beberapa waktu ke depan?.  “Kita tak ingin overlap dengan kawan- kawan lembaga lain yang telah bekerja dalam upaya pengembangan kapasitas media dan jurnalis.  Caranya, Tamborae bekerja sama dengan lembaga lain. Tentu  dengan kegiatan yang bersifat online di luar  pulau Jawa.  Salah satu yang telah dilakukan yakni dengan kabarpulau.com,” kata Wisnu. Diawali dengan mengirim jurnalis mengikuti pelatihan jurnalisme data ke Thailand.  Kerjasama lain  misalnya  dalam  bentuk fellowship.Mengundang wartawan datang membuat tulisan tulisan  tertentu.  Termasuk  kerja sama dengan  media komunita

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Rahmatullah jurnalis 07 Sep 2017, 08:12:15 WIT

    Sukses terus papa Aji,,,

    Eros 13 Okt 2017, 19:16:29 WIT

    Kabarpulau. com Topppppppp,
    sukses...

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar