Menyuarakan dari Pinggiran, Kabarpulau dan Tamborae Jalin Kerjasama

By Kabar Pulau 07 Sep 2017, 07:44:17 WITKabar Kota Pulau

Menyuarakan dari Pinggiran, Kabarpulau dan Tamborae Jalin Kerjasama

mbangkan freedom of media.  Terutama advokasi media.  “Ada banyak lembaga  telah  melakukan  gerakan advokasi tetapi lebih pada pengembangan media. Kebutuhan media dan jurnalis di Indonesia termasuk Asia Tenggara termasuk  juga pengembangan kapasitas media dan jurnalisnya. Ini masih menjadi persoalan. Pengembangan  kapasitas  menjadi kebutuhan media di dan jurnalis tidak hanya di Indonesia tetapi  Asia Tenggara.  Tamborae akan melakukan gerakan ini  tidak hanya di Indonesia tetapi di Asia Tenggara,” katanya.   Baginya kapasitas media  menjadi persoalan serius.  ”Pengalaman saya  dari  satu negara dengan negara lain di Asia Tenggara  memiliki persoalan yang hampir sama yakni  pengembangan media dan jurnalisnya,” katanya.

Selama ini katanya negara-negara di Asia Tenggara  bahkan Indonesia masih sulit  membuat gerakan bersama. Masing- masing negara bekerja sendiri-sendiri. Upaya yang dikerjakan Tamborae  adalah membangun gerakan bersama terutama media dan jurnalis.Kerjasama itu tidak hanya media meanstream tetapi juga  media komunitas. Gerakan yang dilakukan Tamborae adalah menjawab  tantangan perubahan bermedia  dari print atau cetak  ke online yang massive saat ini.  “Kita sudah menyaksikan banyaknya  media print atau cetak berguguran,” ujarnya.  

Menurut  Wisnu di Indonesia juga telah banyak berdiri lembaga yang  bergerak di bidang pengembangan kapasitas media,  tetapi akhirnya mati.  Hanya beberapa saja yang hidup dan berada di luar Jakarta seperti Medan dan Makassar.   

Baginya  saat ini situasi  kebebasan bermedia   juga belum sesuai harapan reformasi.  Sementara  di sisi yang lain,  perso

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Rahmatullah jurnalis 07 Sep 2017, 08:12:15 WIT

    Sukses terus papa Aji,,,

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar