Mengunjungi Talaga, Kampung Kecil di Kaldera Gunung Tidore

By Kabar Pulau 04 Mei 2017, 11:31:36 WITKabar Kampung

Mengunjungi Talaga,  Kampung  Kecil di Kaldera Gunung Tidore

adi ikhtiar karena tidak meletus  tiga ratus tahun, akhirnya  meletus juga. Gunung Sinabung meletus itu sangat  panjang. Ada tiga kampung  yang sama  dengan di  Tidore sekarang,  tidak bisa ditempati lagi.  

Di Gunung Kie Matubu kalau dilihat bukti hari ini terutama bukti batuan vulkanik suksesi   peluang meletus  itu sangat besar. Bahkan bisa lebih dahsyat dari Gunung Gamalama.  “Bukti batuan di beberapa tempat itu menunjukan  erupsi pernah terjadi.   Meskipun tidak  tercatat kapan.    Bukti vulkanis  suksesinya sangat jelas,” ujarnya.

 “Di Cobo sampai Tahua  sedimentasinya sangat tebal.  Di Kota Tidore juga ada lelehan batuan beku,Ini menunjukan kalau  aktivitas letusannya  sangat luar biasa.  Ini bukti secara geologi,”  ujarnya.

Memang katanya,  sejauh ini  riset secara mendalam untuk mempelajari  aktivitas Kie Matubu belum ada, namun  bukti- bukti geologi  sudah mampu menggambarkan. Apalagi Kie Matubu sebagai gunung api ini pernah ditulis  Sutikno Bronto salah satu peneliti Geologi. Dia  menulis tentang morfologi gunung api Kie  Matubu hubungannya dengan Pulau Maitara. Dalam tulisan Sutikno katanya, Pulau Maitara  tidak terlepas dari aktivitas Gunung Api Kie Matubu.

Soal adanya  kampung di atas gunung api itu maka,  harus ada langkah pemerintah daerah   memberikan pemahaman  tentang gunung api  kepada masyarakat. Ini karena mereka  berada   di  lingkar gunung api. “Masyarakat  hidupnya di lingkar gunung api. Mereka harus paham sehingga ketika ada aktivitas gunung atau apapun  mereka tidak panik. Tujuannya masyarakat  memahami gejala- gejala  jika  ada

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar