Mengunjungi Talaga, Kampung Kecil di Kaldera Gunung Tidore

By Kabar Pulau 04 Mei 2017, 11:31:36 WITKabar Kampung

Mengunjungi Talaga,  Kampung  Kecil di Kaldera Gunung Tidore

tahun, toh  meletus juga.

Menurutnya, gunung api purba ini jika   meletus  maka sangat berbahaya karena  tidak berhenti.   Ini berbeda dengan gunung api aktif   di mana  ada masa jeda.  Dikatakan, dari susunan batuan di beberapa tempat di Pulau Tidore,  menunjukan  gunung  ini   usianya  antara 200 sampai 300 juta tahun yang lalu. “Gunung Kie  Matubu itu usiannya tersier. Secara  geologi usia tersier itu   200 sampai 300 juta tahun  lalu,”jelasnya.

 Kampung Talaga katanya  berada  daerah  gunung api   kwarter  Kie Matubu yakni  satu kali letusan membentuk kuba lava  yang  baru.Itulah kwarter Kie Matubu yang kita lihat saat ini. Sementara daerah Goto, Cobo hingga Tahua  itu usia tersier Gunung Kie Matubu.

 Menurutnya berbiacara  dari sisi dampak bencana,  Kampung di wilayah gunung api   kwarter ini sangatl rawan.  Pertama berada di  cekungan gunung api. Resistensi batuannya pasti tidak stabil, walaupun pada beberapa titik  stabil.. Tidak itu saja,  dampak longsor juga tinggi apabila   curah hujan tinggi. Ini karena konsolidasi batuan dengan tanah akan hancur. Untuk  kerawanan  gunungapi menurutnya,   memang  Kie Matubu sampai  saat ini belum ada aktivitas. Jika suatu waktu gunung ini meletus  pada titik kwarternya  maka kampung ini sangat rawan dan terisolasi. Karena itu   harus ada antisipasi dilakukan  semua pihak terutama pemerintah.

Bicara soal letusan bisa saja terjadi,  karena  ini adalah gunung api purba. Hanya saja tidak  tahu  kapan   . Menurut   Dedy,   meletusnya Gunung Sinabung itu harus menj

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar