Mengunjungi Talaga, Kampung Kecil di Kaldera Gunung Tidore

By Kabar Pulau 04 Mei 2017, 11:31:36 WITKabar Kampung

Mengunjungi Talaga,  Kampung  Kecil di Kaldera Gunung Tidore

a sudah sempat dilalui truck dan kendaraan roda dua. Namun, karena belum ditingkatkan pembangunannya,  lambat laun   menjadi rusak. Bahkan tak bisa dilalui  kendaraan sama sekali karena longsor dan hancur terkikis air. Kini  sudah  menjadi  jalan kebun yang hanya bisa dilalui  dengan jalan kaki.

 Soal jalan ini Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum M. Ade Soleman  mengungkapkan,  jalan Tomadou-Talaga  tahun kemarin ditingkatkan sekitar 1,600 meter  menjadi jalan hotmix  sisanya  masih dalam kondisi jalan tanah. Pemerintah  kini berharap ada dana pusat yang dikucurkan untuk  kembali membangun jalan tersebut, Pemerintah Kota Tidore Kkesulitan  sehingga harus membangun lagi secara bertahap dengan menunggu dana pembantuan. “Dalam APBD tahun 2017 ini belum dianggarkan,” jelasnya.  

 

 Kampung   di Kawah Gunung Api Purba

Gunung Kie Matubu Tidore adalah sebuah gunung api purba di Maluku Utara. Gunung dengan tinggi 1730 meter dpl itu, oleh warga setempat termasuk Maluku Utara umumnya, berdasarkan cerita turun temurun,  mengetahui   sebagai  gunung  air.  Cerita ini   dikenal  warga sampai saat ini.  

Padahal  secara geologi  sebenarnya   Kie Matubu  adalah gunung api purba.   Deddy Arif,S.T.,M.Eng dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia- (IAGI) Maluku Utara   menyebutkan, berdasarkan struktur batuan dan  berbagai petunjuk alam,  menunjukan   bahwa Gunung   Kie  Matubu Tidore  adalah sebuah gunung api purba. Karena  itu peluang meletus  selalu saja ada.  Dedy mencontohkan,  gunung  Sinabung  yang tidak meletus selama 300

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar