Mengunjungi Talaga, Kampung Kecil di Kaldera Gunung Tidore

By Kabar Pulau 04 Mei 2017, 11:31:36 WITKabar Kampung

Mengunjungi Talaga,  Kampung  Kecil di Kaldera Gunung Tidore

eraspal  baru satu 1,6 kilometer dari Kelurahan Maftutu. Jalanan  mendaki itu, memang sudah dibuka 7 tahun lalu  hanya saja  belum diaspal hingga kini. Kondisinya rusak  karena terkikis air maupun longsor. Tersisa   hanya  seperti jalan  setapak yang setiap hari dilalui warga.    

 

Untuk sampai ke Telaga  ada dua jalan. Melalui rute Kelurahan Rum, Kecamatan Tidore Utara, atau melalui Mafututu, Kecamatan Tidore Timur. Lewat rute Rum, jarak yang harus ditempuh mencapai 7 kilometer, melalui jalan kebun   penuh batuan. Sedangkan lewat Mafututu, jaraknya hanya 3,5 kilometer.  Karena lebih dekat Mongabay memilih jalur Mafututu meskipun tanjakannya cukup melelahkan.

Meski hanya 3,5 kilometer pendakian tersebut memakan waktu nyaris dua jam. Jalan dengan tanah terjal yang menanjak- menurun, amat merepotkan pendaki amatir seperti kami. Beruntung, semilir  angin sepanjang perjalanan sangat membantu. selama mendaki. Pemandangan pulau-pulau di sekitar Tidore juga terlihat menawan. Dari kejauhan, Ternate, Halmahera, Maitara, dan Hiri seakan berada di bawah kami.


Begitu tiba di tepi kaldera, perjalanan masih harus dilanjutkan menuju kampung Talaga. Kaldera Talaga sudah lama mengering, menyisakan lahan nan subur. Sumber air yang ada di dalam cerukan raksasa itu adalah sebuah rawa yang dipenuhi tanaman sagu. Tebing-tebing kaldera dipenuhi kebun warga berisi durian, cengkih, pala, pinang, hingga sayur-mayur. Meski kebun-kebun itu terletak pada kontur bumi yang amat terjal, warga tampaknya telah begitu terbiasa.
Siang itu (7/1)  bukan musim panen. Kampung menjadi begitu sepi, sebab sebagian besar penduduk memilih berada di kebun mereka. Talaga sendiri hanya dihuni 32 keluarga dengan jumlah jiwa berkisar 160 orang. Secara administratif, Talaga mas

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar