Mengunjungi Pulau Bobale di Halmahera Utara

By Kabar Pulau 09 Feb 2017, 07:01:35 WITBaronda

Mengunjungi Pulau  Bobale di Halmahera Utara

sp; di lahan mereka yang berada di Halmahera. Masyarakat setempat masih mengembangkan tanaman padi ladang.    Karena mereka menanam padi  di setiap rumah juga ditemukann ada alu dan antang yang merupakan alat penumbuk padi.  Selain padi, penghasilan terbesar warga desa pulau ini adalah dari hasil kopra.  Tidak heran  anak muda pulau ini banyak yang melanjuttkan studi  ke perguruan tinggi di luar Maluku Utara.

 Data    desa ini mahasiswa yang kuliah baik perguruan tinggi di Halmahera Utara, Ternate hingga ke Jakarta mencapai 75 orang. Mereka kuliah dengan megambil  berbagai disiplin ilmu. 

Penghasilan mereka  luar biasa,  tidak hanya dari  pertanian. Warga  pulau ini juga memiliki hasil   perikanan termasuk hasil bukan ikan seperti mutiara dan teripang.  Di Desa ini  salah satu     yang memiliki   mutiara bukan   dari  budidaya tetapi  yang hidup liar   sekitar  laut pulau Bobale. Karena  hasil ini sebagian warga terutama nelayan,  memanfaatkan sumberdaya alam yang tersimpan di laut pulau ini menjadi pendapatan penting.     Nelayan setempat setiap saat,  melakukan penyelaman mencari mutiara. Yang mereka dapatkan adalah jenis mutiara putih yang bisa dijual dengan harga per buahnya Rp200 ribu.  “Satu hari bisa kita dapatkan dua atau tiga mutiara. “Saat  menyelam, jika kita temukan mutiara yang sudah matang langsung  diambil  ,” ujar Gerson salah satu penyelam mutiara.

Pulau ini terbilang kaya dengan berbagai potensi yang dimiliki, namun dalam  pengelolaan dan penyediaan fasilitas   masih sangat minim. Ambil contoh  beberapa f

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar