Mengunjungi Pulau Bobale di Halmahera Utara

By Kabar Pulau 09 Feb 2017, 07:01:35 WITBaronda

Mengunjungi Pulau  Bobale di Halmahera Utara

.  Kami  anggota tim sebanyak 4 orang mengeluarkan uang Rp 60 ribu. Awalnya kami ingin mencarter sebuah perahu menggunakan cadik dengan mesin 25  PK,  namun  karena  ikut bergabung   dua   warga   Bobale  yang  kembali setelah berbelanja, akhirnya kita sepakat untuk menggunakan transportasi ini secara regular. Lengkaplah  kami ada  7 orang  termasuk  motroris.

Saat naik dan akan berangkat memang tidak ada komunikasi yang intens.Dengan dua  itu juga Hanya sesekali saling melepas  senyum. Saya hanya sempat bertanya  pada dua ibu itu tentang adanya program CSR yang masuk ke desa mereka. Mereka hanya menjawab singkat kalau ada dana CSR masuk ke desa mereka. Mereka menyebutnya   bantuan seng dan semen untuk warga guna membangun rumah.

Perahu motor itu meluncur pelan karena laut sedikit bergelombang. Pertemuan  arus yang melewati selat kecil antara pulau Bobale dengan Halmahera itulah membuat laut agak bergelombang.  “ Torang kase palang-palang jangan sampe aer maso kong ngoni basah (laju perahu kita batasi jangan sampai air masuk ke dalam perahu dan kalian bisa basah),” komenter  Om Frans  motoris  yang mengantar kami ke Pulau Bobale. Sepanjang perjalanan beberapa menit itu  bisa menyaksikan laut teluk Kao yang berbeda dengan laut-laut   di bagian Barat Halmahera seperti Halmahera Barat atau juga di Halmahera Selatan.  Maklum kondisi lautnya   dangkal.

Selain dangkal  ada  sungai besar di Halmahera yang baru selesai banjir menyebabkan air laut terlihat keruh. Kondisi ini bisa dilihat ketika perjalanan sekitar 1 mil laut.  Kondisnya berbeda   ketika mendekat ke pulau Bobale.  Ha

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar