Mengunjungi Pulau Bobale di Halmahera Utara

By Kabar Pulau 09 Feb 2017, 07:01:35 WITBaronda

Mengunjungi Pulau  Bobale di Halmahera Utara

mutiara teripang dan masih banyak lagi hasil lautnya. Cerita tentang pulau ini tidak lengkap rasanya, jika tidak menilik lebih jauh ke dalam apa sesungguhnya  dan bagaimana desa ini. Termasuk    kondisi  yang dirasakan  masyarakatnya.

Saya menginjakkan kaki ke pulau ini  Sabtu (26/4) lalu  karena mengikuti sebuah  studi  yang dilakukan  sebuah lembaga riset dari Jakarta yang melakukan studi mendalam tentang masalah di balik penggunaan dana Corporate Social Responsibility atau dana tanggung jawab social   Perusahaan PT Nusa Halmahera Minerals yang dikucurkan  untuk 5 kecamatan daerah lingkar tambang  di Kao dan Malifut  Halmahera Utara.  Dalam studi itu saya memanfaatkan waktu setidaknya melakukan wawancara lebih dari studi yang dilakukan. Termasuk mengamati detil pulau ini sehingga tidak sekadar menjadi bahan studi tetapi juga sebuah tulisan  sederhana tentang pulau ini.  

Untuk mencapai pulau ini mudah saja, karena jaraknya dari Desa Daru Kao Utara, hanya ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit menggunakan katinting  (alat transprotasi tradisional,red) atau juga mesin jhonson 40 PK. Alat transportasinya  juga tidak sulit. Ini  karena aktivitas masyarakat di  pulau ini   berhubungan dengan Kao Daratan  juga lancar. Keseharian warga dalam memenuhi kebutuhannya rata-rata  harus  berbelanja ke  Desa Daru atau  ke Tobelo.  Ini   juga yang membuat    akses transportasi ke pulau ini terbilang lancar.

Ada sekitar lima alat transportasi regular belum termasuk  alat transportasi milik warga umumnya yang melayani  perjalanan warga setiap waktu.  Untuk mencapai pulau  dipatok tariff  Rp15 ribu

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar