Makna Bambu Batik Bagi Kehidupan Warga Tongole Pulau Ternate

By Kabar Pulau 07 Mar 2017, 10:50:37 WITKabar Kota Pulau

Makna Bambu Batik Bagi Kehidupan  Warga Tongole Pulau Ternate

an usia bulan telah tua (tanggal 27 hingga 31). Bambu yang ditebang berusia sembilan bulan hingga satu tahun. Hal tersebut didasarkan pada kepercayaan dan pengalaman dari para nenek moyang. “Sudah sejak orangtua kami percayanya begitu. Jika tidak begitu, maka bambu tidak bagus, berlubang, dan mudah pecah. Kalau dipotong pas bulan baru maka kita harus gunakan pengawet setelah itu karena bambunya tidak tahan lama,” ungkap suami dari Nursainah itu.

Setelah selesai ditebang, bambu harus diletakkan begitu saja di sekitar pohon. Jika matahari bersinar dengan terik, maka sebulan kemudian bambu tersebut sudah boleh dibersihkan, dipotong, dicuci, dan diolah menjadi kerajinan tangan. “Jika tidak begitu maka motif batiknya bisa pudar. Padahal yang kami jual dari bambu jenis ini salah satunya adalah motifnya,” kata Asman.

Pengerjaan kerajinan bambu oleh Asman dan teman-temannya dilakukan secara manual. Awalnya, kemampuan membuat kerajinan para pengrajin Tongole ini hanya sebatas menyambung-nyambung bambu hingga menjadi sebuah karya. Namun beberapa tahun belakangan pihak Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan getol mengirim mereka ke berbagai kota di Indonesia untuk belajar mengembangkan kemampuan mereka. “Saya dan teman-teman pernah dikirim ke Bandung, Jogjakarta, Semarang, dan Bali untuk belajar melilit rotan. Sehingga kalau kita perhatikan ada perbedaan antara kerajinan bambu batik zaman dulu dengan sekarang. Sekarang lebih banyak variasinya, juga jenis kerajinannya, seperti baki dan pigura foto,” tutur ayah lima anak itu.

Hasil kerajinan Asman sendiri pernah merambah hingga ke Dubai melalui sebuah pameran intenasional yang digelar di kota tersebut. Meja, kursi, dan tempat tidur bambu batik merupakan jenis kerajinan yang dikirim ke Dubai, yang langsung laku diburu pembeli. Sayangnya, anim

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar