Mahmud Badaruddin II, Sultan Palembang yang Diasingkan ke Ternate

By Kabar Pulau 04 Mar 2017, 04:47:20 WITBaronda

Mahmud Badaruddin II, Sultan Palembang yang Diasingkan ke Ternate

nto.

Pada Juni 1821, yang bertepatan dengan bulan Ramadan, Belanda secara tiba-tiba menyerang Palembang. Penyerangan dilakukan pada dini hari, ketika rakyat Palembang tengah makan sahur. Serangan mendadak ini melumpuhkan pertahanan rakyat. Meski begitu, perlawanan sengit tetap diberikan sebelum akhirnya Palembang benar-benar jatuh ke tangan Belanda pada 25 Juni 1821. “Pada 1 Juli, bendera Belanda sudah berkibar di Benteng Kuto Besak, pusat pertahanan Kesultanan Palembang,” sambung Rinto.

Sultan Mahmud Badaruddin II dan keluarganya kemudian dibawa ke Batavia dengan menumpangi kapal Dageraad milik Belanda. Peristiwa ini terjadi pada 13 Juli 1821. Beberapa bulan kemudian, Sultan dan rombongannya diasingkan ke Ternate. Termasuk dalam rombongan tersebut adalah Ahmad Najamuddin III, putra Sultan Mahmud Badaruddin II, yang sebelumnya sempat dilantik menjadi Sultan Palembang ke-9. “Pertama tiba di Ternate, Sultan Mahmud Badaruddin II ditahan di Benteng Oranje. Namun diduga kuat dengan kompromi dari Sultan Ternate, Sultan Mahmud kemudian diperkenankan tinggal dan berbaur dengan masyarakat umum hingga akhir hayatnya,” papar Rinto.

Sultan Mahmud Badaruddin II hidup di Ternate selama 30 tahun, sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada 26 September 1852. Selama berada di Ternate, Sultan dan keluarganya ditempatkan oleh Kesultanan Ternate di daerah yang disebut Kampung Palembang (sekarang JalanNukila Kelurahan Gamalama, red). “Konon sebelum meninggal, Sultan Mahmud berwasiat pada Sultan Ternate bahwa ia memilih jenazahnya dimakamkan di Ternate. Dan wasiat itu dijalankan oleh pihak Kesultanan Ternate,” ujar Rinto.

Tak banyak catatan mengenai masa pengasingan Sultan Mahmud Badaruddin II di Ternate. Menurut Rinto, hal ini disebabkan karena sebagai tawanan, pergerakan Sultan Mahmud Badaruddin II tak sebeb

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar