Mahmud Badaruddin II, Sultan Palembang yang Diasingkan ke Ternate

By Kabar Pulau 04 Mar 2017, 04:47:20 WITBaronda

Mahmud Badaruddin II, Sultan Palembang yang Diasingkan ke Ternate

hmud Badaruddin II ke Ternate untuk menjalani pengasingan yang dilakukan pihak Belanda yang kala itu berhasil mengambil alih Palembang. “Sultan Mahmud Badaruddin II dikenal sebagai sultan yang tidak suka berkompromi dengan penjajah. Karena itu beliau kemudian ditangkap dan dibuang ke Ternate,” tutur pemerhati sejarah, Rinto Taib, kala ditemui di Kantor UPTD Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kota Ternate.

Pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin II, yakni sepanjang tahun 1803-1821, ia harus berhadapan dengan dua kekuatan asing yang menggerogoti tanah Palembang, yaitu Belanda dan Inggris. Mahmud sendiri dua kali dikukuhkan sebagai sultan. Pertama, pada 1803-1813. Kala itu, Inggris dan Belanda sama-sama berambisi menguasai Palembang. “Mahmud Badaruddin II pertama dilengserkan oleh Inggris setelah terjadi peristiwa pembumihangusan loji (kantor dagang) Belanda. Terjadi saling tuduh antara Belanda dan Inggris mengenai dalang pembakaran. Inggris lalu berunding dengan Sultan dengan tujuan mendapatkan Pulau Bangka sebagai kompensasi perundingan. Ambisi ini ditolak Sultan yang berakibat pada penyerangan armada Inggris, dan menyingkirnya Sultan ke hulu Sungai Musi,” papar Rinto.

Setelah Inggris menguasai Palembang sepenuhnya, maka diangkatlah penguasa boneka yang merupakan adik kandung Sultan Mahmud Badaruddin II, yakni Husin Diauddin. Berdasarkan Konvensi London 13 Agustus 1814, maka Inggris harus menyerahkan kembali koloninya ke tangan Belanda. Mahmud Badaruddin II lalu dilantik lagi menjadi sultan pada 7 Juni 1818. Setahun kemudian, pecah Perang Menteng, perang terdahsyat dalam sejarah pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin II. “Dalam perang tersebut, korban terbanyak berasal dari pihak Belanda. Ini membuat Belanda murka. Mereka kemudian melipatgandakan kekuatan dengan tujuan untuk menangkap sultan,” lanjut Ri

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar