Komisi III DPR: Indonesia Harus Galang ASEAN Military Observer ke Rakhine

By Kabar Pulau 10 Sep 2017, 14:59:25 WITEtniq

Komisi III DPR: Indonesia  Harus  Galang ASEAN Military Observer ke Rakhine

Penulis: Mahmud Ichi/wartawan kabarpulau.com

Menyikapi  persoalan  ethnic cleansing  di  Rohingya  Mianmar saat ini, anggota Komisi III DPR-RI Dr Syaiful Bahri Ruray, meminta Pemerintah Republik Indonesia segera mengambil langkah usai adanya soft diplomasi pemerintah melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Anggota DPR-RI dari Fraksi Golkar itu turut  meminta  Kapolri sebagai bagian dari tugas konstitusional  Indonesia untuk  dunia, perlu menggalang negara- negara  Asean  mengirim Asean Military Observer ke Kawasan Rakhine. “Harus ada action  nyata dari Kapolri,”  desaknya  Minggu (10/9). 

Menurutnya, jika merunut sejarah, Indonesia  pernah memimpin pasukan perdamaian di  Sinai saat perang Israel- Mesir- Jordan pada 1970-an. Waktu itu  Jenderal Rais Abin menjadi komandan,  dihormati karena sukses menjalankan misi kemanusian itu.  Tidak itu saja  militer Indonesia juga dikirim ke Kamboja pada 1990-an di bawah pimpinan Kolonel Ryamizard  Riyacudu yang sukses melerai konflik antar faksi di Kamboja. Waktu itu operasi territorial TNI di Kamboja sukses karena  ikut membangun sekolah dan klinik kesehatan. Ini   adalah sikap dan tindakan Indonesia  mengambil  peran di dalam ikut menyelesaikan  persoalan kemanusiaan di dunia.

Pengalaman  lain Indonesia,  pada era Soekarno  1950-an  membentuk  Kontingen Garuda 1 dipimpin    Letkol Solichin Gautama Putra (Mang Ichin)  dan dikirim ke Kongo Afrika Tengah  karena  ada konflik  dan penindasan kemanusiaan. Di era  Soeharto 1980-an Presiden yang berkuasa selama 32 tahun  itu, rela menerjang desingan peluru perang etnis Bosnia Herzegovina dan mendirikan

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar