Ketika Tobelo Dalam Menerima Qurban dari BMH

By Kabar Pulau 07 Sep 2017, 13:35:12 WITEtniq

Ketika Tobelo Dalam Menerima Qurban dari BMH

ohon maaf, dan tolong dimaklumi jika panitia qurban di sini belum begitu berjalan baik,” ungkap Adnan sedih.

Adnan mengisahkan, akibat banjir, tidak sekikit masyarakat Desa Woda yang mulai keluar dari desa. Hingga kini, yang tersesah hanya 96 kepala keluarga. Luas Desa sekitar 6 hektar.

 

Membangun Rumah Singgah Orang Togutil

Setelah berkomunikasi dengan masyarakat Desa Woda, tim BMH bersepakat membangun Rumah Singgah untuk Orang Togutil. Lokasi pembangunan rumah singgah berada di Sofifi, tepatnya di Desa Gorojou.

Di rumah singgah tersebut, Orang Togutil yang sudah mualaf akan belajar bersama. Mulai dari pengembangan pertanian, mengaji, dan lainnya.

Adnan Usman, sekretaris Desa Woda mengatakan, ia sangat merespon niat baik BMH yang telah menaruh perhatian serius untuk saudara-saudara orang Togutil. Sebab, hingga saat ini, belum banyak yang serius menangani masalah mereka.

“Saya merasa lokasi rumah singgah tepat jika di Sofifi agar komunitas Togutil yang sudah mualaf bisa fokus belajar di sana. Nanti, apa yang bereka dapat, bisa mereka kembangkan setelah balik ke hutan, tempat tinggal mereka,” katanya.

Namun, Kata Adnan, Suku Tobelo Dalam atau yang biasa orang sebut togutil tidak bisa lepas dari hutan. “Sebab hutan ada wilayah ruang hidup mereka. Hutan adalah ibu bagi mereka. Saya tahu karena saya lama hidup dengan mereka dan belajar banyak hal,” ujarnya.


Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar