Keadilan Pangan Masih Menjadi Pekerjaan Rumah

By Kabar Pulau 19 Jul 2017, 01:18:29 WITLingkungan Hidup

Keadilan Pangan Masih Menjadi Pekerjaan Rumah

oysius Suratin, Direktur Pengembangan Bisnis OXFAM Indonesia dan Suwarjono, Ketua Umum AJI. Suwarjono mengatakan Penghargaan Liputan Media tentang Keadilan Pangan ini adalah tahun yang ketiga. AJI berharap ini menjadi ajang para jurnalis untuk meningkatkan pemahaman tentang Keadilan Pangan, sekaligus mempertajam ketrampilan jurnalistiknya.

Sementara Aloysius dalam sambutannya mengatakan, persoalan keadilan pangan di Indonesia masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan. Seperti merespon perubahan iklim, gejolak harga pangan, akses terhadap tanah maupun sumber produktif lain, masih banyak terjadi masalah di Indonesia.

Dalam Global Food. Security Index tahun 2016, Indonesia masih menduduki ranking 71 dari 113 negara. Oleh karena itu, Penghargaan Liputan Media ini bisa menjadi ajang penyadaran masyarakat pada isu keadilan pangan.

Pemenang Penghargaan Liputan Media Terbaik tentang Keadilan Pangan pada tahun 2017 ini adalah Rony Arianto Nugroho dari harian Kompas untuk kategori foto, dengan judul Uma Lengge, Menjaga Kemandirian Pangan. Sementara untuk kategori cetak/online, pemenangnya adalah Christine Fransiska, produser/multimedia (jurnalis) di BBC Indonesia dengan judul Kisah Ibu-ibu 'Dusun Miskin' Yang Menanam Tanaman Liar di Jombang. Kedua pemenang ini mendapat hadiah beasiswa liputan ke desa nelayan di Thailand.

Kedua pemenang tersebut dipilih dari 105 naskah kategori cetak/online dan 73 karya foto jurnalistik yang masuk ke panitia. Pengumpulan naskah atau lomba ini sendiri, berlangsung para periode 1 Maret sampai 30 Mei 2017. Tema yang masuk, tahun ini lebih bervariasi, tidak hanya mengupas aneka ragam makanan, tetapi sudah masuk isu-isu akses pada lahan, pengembangan potensi pangan lokal sampai soal kelembaga

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar