Kampung di Tengah Hutan Lindung Tagafura

By Andhy EH 24 Des 2016, 21:39:07 WITKabar Kampung

Kampung di Tengah Hutan Lindung Tagafura

ang yang akan ke Kalaodi. Tidak itu saja. Lokasi  ini  menjadi tempat  pengumuman dan  beragam informasi  melalui spanduk dan baliho yang dipasang berbaris di atas tebing  sisi kanan jalan.    

Berdasarkan data Pemerintah Kelurahan  Kalaodi  tahun 2012,  Kampung ini memiliki   penduduk  454 jiwa atau 105 kepala keluarga. Statusnya sendiri  berubah dari Desa  menjadi kelurahan   2007 lalu . Kampung    bagian Timur Pulau Tidore ini sesuai  hasil pemetaan  yang dilakukan  warga bersama LSM Wahana Lingkungan Hidup (WALHI)  Maluku Utara  2014,   memiliki   luas   mencapai  2000  lebih hektar. Ini  sudah termasuk kawasan pemukiman dan perkebunan. “Masyarakat melakukan pemetaan ulang karena ternyata data luasan Kalaodi ini berbeda- beda baik dari pemerintah,  terutama Dinas Kehutanan,” ujar Ismet Soelaiman Direktur WALHI Maluku Utara yang  juga pimpinan  pemetaan waktu  itu.

 

 Untuk  rumah warga  Kampung Kalaodi jangan dibayangkan    ada di lahan yang   datar.  Kelurahan  dengan 4 lingkungan ini,   rumah  warganya   dibangun  mengikuti  lereng.   

Kampung ini juga meski di puncak gunung,  rata-rata berdinding  beton  beratap seng. Bahkan  terkesan mewah. “Rumah warga Kalaodi dulu,  rata- rata  menggunakan bambu.  Sekarang seiring waktu, warga telah

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar